Breaking News:

News Video

NEWS VIDEO Pengacara Hotma Sitompul Akan Diperiksa KPK Terkait Kasus Suap Bansos Juliari Batubara

Penyidik KPK mengagendakan pemeriksaan terhadap Pengacara kondang Hotma Sitompul terkait kasus suap pengadaan bantuan sosial atau bansos Covid-19

Editor: Wahyu Triono

TRIBUNKALTIM.CO - Penyidik KPK mengagendakan pemeriksaan terhadap Pengacara kondang Hotma Sitompul terkait kasus suap pengadaan bantuan sosial atau bansos Covid-19 yang telah menjerat Eks Menteri Sosial Juliari Batubara.

Hotma Sitompul dipanggil sebagai saksi untuk melengkapi berkas penyidikan tersangka pejabat pembuat komitmen di Kementerian Sosial (Kemensos) Matheus Joko Santoso (MJS).

Baca juga: NEWS VIDEO Detik-detik Kasino Milik Trump Dirobohkan, Warga Rela Bayar untuk Nonton

Selain Hotma, KPK memanggil Ketua DPC PDIP Kabupaten Kendal Akhmat Suyuti sebagai saksi.

Dia juga diperiksa untuk melengkapi berkas tersangka Matheus.

Kemudian, penyidik juga mengagendakan pemeriksaan untuk istri Matheus Joko Santoso, yakni Elfrida Gusti Gultom. Untuk Elfrida, dia diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Adi Wahyono (AW).

Baca juga: NEWS VIDEO Viral Video Puluhan Paus Ditemukan Terdampar di Bibir Pantai di Bangkalan

"Diperiksa sebagai saksi untuk tersangka MJS," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri melalui keterangannya, Jumat (19/2/2021).

Dikutip dari Tribunnews.com, KPK telah menetapkan Mensos Juliari Peter Batubara dan empat tersangka lainnya sebagai tersangka suap terkait program bantuan sosial penanganan Covid-19

Keempat tersangka lainnya dalam kasus ini ialah dua pejabat pembuat komitmen di Kementerian Sosial (Kemensos) Matheus Joko Santoso dan Adi Wahyono, serta dua pihak swasta Ardian I M dan Harry Sidabukke.

Baca juga: NEWS VIDEO Diduga Proyek Bodong Rp 50 M, Kejati Kaltim Eksekusi Dirut Perusda PT MGRM

Juliari disangkakan KPK menerima uang total Rp 17 miliar, yang berasal dari fee rekanan proyek bansos. Pada pelaksanaan paket Bansos sembako periode pertama, Juliari menerima Rp 8,2 miliar.

Sementara untuk periode kedua pelaksanaan paket Bansos sembako, terkumpul uang fee dari bulan Oktober 2020 sampai dengan Desember 2020 sejumlah sekitar Rp 8,8 miliar. (*)

IKUTI >> News Video

Editor: Wahyu Triono

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kasus Suap Bansos Eks Mensos Juliari Batubara, KPK Periksa Pengacara Hotma Sitompul, https://www.tribunnews.com/nasional/2021/02/19/kasus-suap-bansos-eks-mensos-juliari-batubara-kpk-periksa-pengacara-hotma-sitompul

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved