Breaking News:

Nisfu Syaban 2021

Mengenal Nisfu Syaban, Kapan Malam Nisfu Syaban 2021 dan Adakah Amalan Khususnya?

Mengenal Nisfu Syaban (baca; Nisfu Sya'ban), kapan jatuhnya malam Nisfu Syaban 2021 dan adakah amalan khusus yang dikerjakan?

SHUTTERSTOCK
Mengenal Nisfu Syaban, kapan jatuhnya malam Nisfu Syaban 2021 dan adakah amalan khusus yang dikerjakan? 

TRIBUNKALTIM.CO - Mengenal Nisfu Syaban (baca; Nisfu Sya'ban), kapan jatuhnya malam Nisfu Syaban 2021 dan adakah amalan khusus yang dikerjakan?

Secara bahasa, Nisfu Syaban artinya separuh bulan Syaban, yang kemudian dipahami Nisfu Syaban adalah hari ke-15 atau pertengahan bulan Syaban.

Staf Komisi Dakwah MUI Pusat Faruq Hamdi dalam opininya yang diterbitkan di situs Bimas Islam Kemenag menjelaskan, bahwa kata Syaban merupakan singkatan dari huruf shin yang berarti kemuliaan, huruf ‘ain yang berarti derajat dan kedudukan yang tinggi yang terhormat,  huruf ba’ yang berarti kebaikan, huruf alif yang berarti kasih sayang, dan huruf nun yang berarti cahaya.

Bulan Syaban juga merupakan bulan yang di dalamnya terdapat berbagai peristiwa bersejarah, yakni peristiwa berpindahnya arah kiblat dari Masjidil Aqsha Palestina menuju Ka’bah, peristiwa diturunkannya QS. al-Baqarah: 144, diturunkannya ayat yang menganjurkan untuk membaca shalawat (QS. al-Ahzab: 56), serta diangkatnya amal-amal manusia menuju kehadirat Allah SWT dan berbagai peristiwa lainnya.

Baca juga: Sudah Nisfu Syaban, Haramkah Bayar Utang Puasa Ramadhan Tahun Lalu? Ini Kata Ustaz Abdul Somad

Bila ditinjau dari segi amaliyah Islamnya, termaktub beberapa hal yang lazim dilaksanakan pada malam Nisfu Syaban, yakni membaca Surah Yasin sebanyak 3 kali yang dilanjutkan dengan berdoa.

Tradisi demikian selain sudah berkembang di Nusantara, juga menjadi amaliyah tahunan yang dilaksanakan secara rutin terutama oleh masyarakat NU.

Lantas, kapan malam Nisfu Syaban 2021?

Berdasarkan kalender hijriyah, tanggal 1 Syaban 1442 Hijriyah bertepatan dengan dengan hari Senin 15 Maret 2021.

Itu artinya Nisfu Syaban 2021 jatuh pada malam Minggu 28 Maret 2021 sampai malam Senin 29 Maret 2021.

Amalan khusus malam Nisfu Syaban

Halaman
1234
Editor: Syaiful Syafar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved