Breaking News:

Virus Corona di Balikpapan

Ekspor Perdana, Balikpapan Terbangkan 7 Ton Kepiting Bakau ke China

PT Angkasa Pura I Bandara SAMS Sepinggan, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, membuka jalur penerbangan ekspor ke luar negeri

TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
EKONOMI - Perdana, sebanyak 7 Ton Kepiting Bakau diekspor langsung ke Shanghai, China melalui kargo Angkasa Pura I Kota Balikpapan, Kalimantan Timur pada Rabu (17/3/2021). TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - PT Angkasa Pura I Bandara SAMS Sepinggan, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, membuka jalur penerbangan ekspor ke luar negeri.

Sebagai bandara kelas Internasional, Bandara SAMS Sepinggan, Kota Balikpapan membuka direct penerbangan langsung ke China.

Seperti halnya hari ini, Angkasa Pura I Balikpapan memberangkatkan komoditi marine atau Kepiting Bakau perdana ke Shanghai.

Baca juga: Tingkatkan Daya Saing Pelaku UMKM di Kaltim, BI Gelar KKI Seri 1 dan Akademi Ekspor 2021

Baca juga: Bea Cukai Nunukan Bantah Pernyataan Disdag Soal Ekspor Komoditi Perikanan Dilakukan secara Ilegal

General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Barata Singgih Riwahono, mengatakan hal tersebut merupakan momen yang ditunggu banyak pihak.

"Ini adalah momen yang ditunggu para eksportir, bahwa izin pun baru diterima pekan lalu dan langsung direspon cepat," ujarnya, Rabu (17/3/2021).

Menurutnya, dengan ekspor kepiting bakau langsung dari Balikpapan ke China, maka akan menambah nilai devisa ekspor yang diterima oleh kota minyak.

Hitungan tepatnya berada di Bea Cukai, namun, secara global Kota Balikpapan akan mendapat banyak keuntungan dari kegiatan ekspor marine product.

Baca juga: Jadi Komoditi Ekspor Unggulan, Tiap Hari Nunukan Kirim 3 Ton Kepiting ke Tawau Malaysia

Baca juga: DPR RI Pernah Usulkan Jadi Komoditas Ekspor, Tanaman Ganja Jadi Sumber Penghasilan Petani Thailand

"Yang jelas dengan adanya ekspor kepiting bakau akan ada nilai tambah yang diterima oleh Balikpapan," terangnya.

Untuk mendukung kebijakan ini, Angkasa Pura I sebagai pengela Bandara SAMS Sepinggan siap untuk mendukung kegiatan ekspor.

Baca juga: Prediksi Bisnis Sektor Retail di Indonesia Kembali Stabil meski Pandemi Covid-19 Masih Berlanjut

Diawali dengan marine product juga diikuti dengan komoditi lain. Sehingga, pihaknya siap mensupport setiap kebutuhan ekspor di Balikpapan.

Halaman
1234
Penulis: Miftah Aulia Anggraini
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved