Breaking News:

Budaya K3 Menjadi Konsentrasi PLN UIP Kalbagtim

Dalam pelaksanaan pekerjaan pembangunan, implementasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) wajib dilaksanakan di lingkungan PT PLN UIP Kabagtim.

HO/PLN
Dalam pelaksanaan pekerjaan pembangunan, implementasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) wajib dilaksanakan di lingkungan PT PLN Kabag Timur. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Dalam pelaksanaan pekerjaan pembangunan, implementasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) wajib dilaksanakan.

Ini pula yang dijunjung PT PLN (Persero) khususnya di PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Kalimantan Bagian Timur (Kalbagtim).

General Manager (GM) PLN UIP Kalbagtim Muhammad Ramadhansyah menegaskan, sebagai penyedia infrastruktur ketenagalistrikan, implementasi K3 sudah menjadi budaya di setiap insan PLN

Dan sebagai owner dalam setiap pekerjaan, sangat tegas kepada setiap pihak yang bekerja sama dengan pihaknya.

“Sejak dimulainya kegiatan pengadaan jasa, masing-masing vendor kontraktor wajib memiliki SMK3 dan ketika di lapangan wajib untuk menyediakan pengawas K3 untuk masing-masing proyek,” jelas Ramadhansyah, kemarin (21/3).

Di sisi PLN, implementasi K3 di lapangan ini terus dipantau lewat safety patrol, dilaksanakannya laporan rutin K3, audit implementasi K3, dan inspeksi rutin dari manajemen untuk memastikan pelaksanaannya terkendali dengan baik.

Salah satu yang dilaksanakan pada pekan lalu, yaitu kegiatan inspeksi K3 di lokasi pembangunan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150kV Tanjung Redeb - Talisayan dan SUTT 150kV Tanjung Redeb - Tanjung Selor.

“Karena yang diharapkan adalah pelaksanaan pekerjaan pembangunan berjalan dengan baik dan sesuai dengan prosedur keselamatan dan keamanan, sehingga jaringan transmisi yang terbangun berkualitas bagus,” kata Ramadhansyah yang turun langsung untuk melakukan pengecekan implementasi K3 dan progres pembangunan.

Terlebih di masa pandemi Covid-19, penerapan protokol kesehatan yang tetap harus dilaksanakan dalam pelaksanaan pekerjaan proyek.

Dengan menerapkan Instruksi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No 2 Tahun 2020 tentang protokol pencegahan penyebaran corona virus disease 2019 (covid-19) dalam penyelenggaraan jasa konstruksi.

“Semua kegiatan dilakukan oleh PLN UIP Kalbagtim mengikuti setiap aturan dan kebijakan penanganan Covid-19. Ini demi membantu negara meminimalisasi penyebaran virus corona,” tegasnya. (*)

Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Cornel Dimas Satrio Kusbiananto
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved