Breaking News:

Berita Malinau Terkini

Belajar Tatap Muka Digelar Juli, Ketua PGRI Kaltara Sebut Vaksinasi Guru Jadi Kunci Keberhasilan

Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia Provinsi Kaltara (PGRI Kaltara) 2019-2024 Nanang Jahari mengapresiasi langkah pemerintah RI untuk menggelar pe

Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTARA.COM/MOHAMMAD SUPRI
Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Kalimantan Utara Periode 2019-2024, Nanang Jahari ditemui di Kantor Bupati Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Selasa (30/3/2021). TRIBUNKALTARA.COM/MOHAMMAD SUPRI 

TRIBUNKALTIM.CO, MALINAU- Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Kaltara 2019-2024 Nanang Jahari mengapresiasi langkah pemerintah RI untuk menggelar pembelajaran tatap muka terbatas.

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama 4 Menteri, satuan pendidikan di seluruh Indonesia akan memulai kegiatan belajar tatap muka terbatas pada awal tahun ajaran baru, Juli 2021.

Nanang Jahari mengatakan, pembelajaran tatap muka ditunggu-tunggu oleh peserta didik, orangtua termasuk tenaga pendidik di Kalimantan Utara.

Baca juga: Pembelajaran Tatap Muka Juli 2021, Kepsek SMP 2 Malinau Beberkan Mayoritas Pilih di Sekolah

Baca juga: Banyak Pihak Soroti Data Kemiskinan Turun di Malinau selama Pandemi, Ini Penjelasan Kepala BPS

"Terkait SKB 4 Menteri hari ini, rencana tatap muka bulan Juli 2021 nanti kita sambut baik. Utamanya banyak pihak yang minta supaya pembelajaran kembali diadakan di sekolah," ujarnya kepada TribunKaltara.com, Selasa (30/3/2021).

Menurut Nanang Jahari, vaksinasi Covid-19 untuk guru dan tenaga pendidik di satuan pendidikan merupakan peran kunci keberhasilan pembelajaran tatap muka.

Sebab selain orangtua, guru merupakan orang yang paling dekat dengan peserta didik.

Interaksi langsung tidak bisa dihindari di sekolah.

"Sering kita dengar, guru adalah orangtua murid di sekolah. Ini menggambarkan seberapa dekat guru dan peserta didiknya. Itulah kenapa vaksinasi guru sangat penting, khawatirnya proses belajar mengajar terganggu," katanya.

Sementara ini, vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Malinau menyasar tenaga pendidik untuk mendukung kegiatan belajar mengajar.

Tambahan 170 vial vaksin sinovac yang diterima Dinas Kesehatan Kabupaten Malinau juga diprioritaskan untuk guru di sekolah yang telah menggelar pembelajaran tatap muka.

Nanang Jahari mengatakan, informasinya ada sejumlah satuan pendidikan yang telah menggelar pembelajaran tatap muka, seperti di wilayah pedalaman dan perbatasan RI-Malaysia yang notabenenya tidak didukung fasilitas dan akses internet.

Dia berharap, agar seluruh tenaga pendidik di Kaltara diprioritaskan untuk divaksinasi Covid-19, termasuk di wilayah perbatasan RI-Malaysia.

"Menurut saya, kuncinya guru-guru divaksin, baik wilayah yang belum atau sudah menggelar tatap muka. Juga di wilayah yang jauh dari kota, di pedalaman atau sekolah di daerah perbatasan," ucapnya.

Berita tentang Malinau

Penulis: Mohammad Supri | Editor: Rahmad Taufiq

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved