Breaking News:

Ramadhan 2021

Kadar Fidyah di Malinau Rp 68,5 Ribu, Tinggi Dibanding Tahun Lalu, MUI Beber Alasannya

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malinau dan Baznas bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Malinau dan ormas Islam.

TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD SUPRI
Kementerian Agama Kabupaten Malinau dan Baznas bersama MUI, Takmir masjid dan Ormas Islam di Malinau saat menetapkan kadar zakat 1442 hijriah di Kantor Pertemuan Keagamaan Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Kamis (8/4/2021) lalu. TRIBUNKALTARA.COM/MOHAMMAD SUPRI 

TRIBUNKALTIM.CO, MALINAU - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malinau dan Baznas bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Malinau dan ormas Islam telah menetapkan kadar zakat 1442 hijriah.

Penetapan kadar zakat 1442 hijriah yakni, zakat fitrah senilai Rp 35 ribu per jiwa, dan kadar zakat Maal senilai Rp 1.816.875 hingga sampai nisabnya.

Selain itu, dalam rapat yang digelar di Gedung Pertemuaan Keagamaan pada hari Kamis 8 April 2021 lalu, juga disepakati besaran fidyah di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara.

Baca juga: Bantuan Mesin PCR Covid-19 untuk Malinau Tunggu Kesiapan Fasilitas dan SDM

Baca juga: Kunjungan Perdana ke Malinau, Zainal Paliwang Pantau Progres Pembangunan Infrastruktur

Disampaikan oleh Ketua MUI Malinau, Edy Marwan, menjelaskan, Fidyah wajib ditunaikan bagi mereka yang berhalangan atau karena hal lain tidak mampu menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

"Fidyah adalah jenis kewajiban yang harus ditunaikan bagi mereka, umat islam yang berhalangan atau udzur sehingga tidak dapat menunaikan ibadah puasa selama bulan Ramadhan," ujarnya kepada TribunKaltara.com, Minggu (11/4/2021).

Penetapan kadar Fidyah di Kabupaten Malinau pada Ramadhan tahun lalu senilai Rp 57.500 sehari.

Meningkat sebesar Rp 11 ribu tahun ini. Rapat bersama memutuskan kadar Fidyah Ramadhan 2021 di Malinau senilai Rp 68.500 sehari.

Dapat diartikan, tiap harinya bagi mereka yang berhalangan atau udzur menunaikan ibadah puasa atau menggantikan puasa, dapat mengganti dengan uang tunai Rp 68,5 ribu.

"Ini melalui keputusan kita bersama, disepakati Rp 68.500, kendati demikian, Berpuasa hakikatnya lebih utama dibanding membayar Fidyah," katanya.

Baca juga: Kementerian Agama Malinau Tetapkan Kadar Zakat, Berikut Besaran yang Wajib Dibayarkan

Baca juga: Harga Sembako di Pasar Induk Malinau Jelang Ramadhan, Cabai Rawit Rp 120 Ribu Per Kilogram

Edy Marwan menjelaskan, keputusan tersebut ditetapkan melalui keputusan bersama. Berdasarkan perhitungan rata-rata konsumsi masyarakat Kabupaten Malinau per hari.

Halaman
1234
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved