Breaking News:

Berita Penajam Terkini

Siklon Tropis Surigae tak Berpengaruh Signifikan di Kaltim, BPBD PPU Tetap Imbau Waspada

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menganalisa siklon tropis Surigae atau Badai tropis saat ini berada di wilayah Utara

TRIBUNKALTIM.CO/DIAN MULIA SARI
Situasi di pantai daerah pesisir Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menganalisa siklon tropis Surigae atau Badai tropis saat ini berada di wilayah Utara tepatnya di atas Sulawesi Utara.

Wilayah yang terdampak cukup signifikan kemungkinan besar akan dirasakan di wilayah Gorontalo, Sulawesi Utara, serta wilayahnya Filipina.

Meski begitu, siklon tropis surigae tidak berpengaruh terlalu signifikan di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim). Hal itu dikatakan oleh Kepala BPBD PPU, Marjani melalui Kepala bidang kedaruratan dan logistik BPBD PPU, Nurlaila.

Baca juga: Banyak Warga Mengeluh Atas Tarif PDAM Danum Taka, DPRD Penajam Paser Utara Gelar RDP Kedua

Baca juga: Ibu Kota Negara Hadir di Penajam Paser Utara, DPRD PPU Beber Kemampuan SDM Setempat Masih Rendah

Kalau untuk wilayah Kalimantan Timur, itu tidak terlalu berpengaruh signifikan, meskipun kadang cuaca itu juga tidak hanya dipengaruhi oleh Siklon.

"Misalnya terjadi belokan angin nah hal-hal seperti itu bisa merubah mempengaruhi cuaca di wilayah tertentu," kata Nurlaila, Jumat (16/4/2021).

Namun, Nurlaila menegaskan bahwa perubahan cuaca di wilayah tertentu itu biasa terjadi secara tiba tiba, sehingga dirinya mengimbau masyarakat khusunya warga yang tinggal di pesisir pantai haru tetap waspada.

"daerah kita masih harus selalu waspada, meskipun dari segi sisi analisa BMKG Kaltim tidak berpengaruh signifikan dengan adanya siklon suriga ini," kata dia.

"tetapi cuaca ekstrim itu tidak selalu dipengaruhi oleh siklon, cuaca ekstrim akan terjadi secara tiba-tiba jika ada faktor faktor yang mendukung," imbuhnya.

Baca juga: Pemkab Penajam Paser Utara Buka Pendaftaran Beasiswa Bagi Pelajar dan Mahasiswa, Sedia Rp 3 Miliar

Dengan kondisi cuaca yang tidak menentu, Nurlaila menghimbau masyarakat diwilayah pesisir maupun sungai yang sering terjadi banjir harus tetap waspada.

Dan bagi nelayan untuk selalu melakukan pengecekan kelengkapan kemananan dan keselamatan baik diri sendiri maupun peralatan yang akan dibawa melaut.

Halaman
123
Penulis: Dian Mulia Sari
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved