Breaking News:

Berita Balikpapan Terkini

Penemuan Alat Rapid Test Antigen Bekas di Bandara Kualanamu, Polresta Balikpapan Perketat Pengawasan

Ramai diberitakan penemuan alat rapid test antigen yang ternyata bekas di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumut beberapa waktu lalu.

TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Ilustrasi tempat sampah infeksius guna menampung limbah medis B3 dari hasil kegiatan vaksinasi Covid-19 di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Ramai diberitakan penemuan alat rapid test antigen yang ternyata bekas di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumut beberapa waktu lalu.

Dari penyidikan Polda Sumut, diketahui telah menetapkan setidaknya 5 tersangka yang dianggap menjadi dalang penggunaan alat rapid test bekas tersebut.

Turut menanggapi, Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol Turmudi mengungkapkan jajarannya pun akan melakukan pengawasan ketat terhadap penggunaan alat rapid test antigen di Balikpapan.

Dirinya menerangkan telah menginstruksikan jajarannya, khususnya di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan untuk meningkatkan pengawasan.

Baca juga: Singgung Kasus Rapid Antigen Bekas di Bandara Kualanamu, IAI Kaltim Ingatkan Media Massa Soal Ini

Baca juga: Pasca Mencuat Kasus Antigen Bekas di Bandara Kualanamu, Ini Langkah Antisipasi Dinkes Balikpapan

"Antisipasinya tentunya kita belajar pengalaman dari Kualanamu, kan di Bandara kita juga ada Polsek Bandara, itu nanti kita akan lakukan pengawasan," ujarnya, Minggu (2/5/2021).

Selain itu, Kombes Pol Turmudi juga meminta kepada masyarakat yang melihat dan mengetahui informasi adanya dugaan penggunaan alat rapid test antigen bekas untuk segera melaporkan ke polisi.

Menurutnya pengawasan paling penting ada pada masyarakat alias calon penumpang itu sendiri.

Baca juga: Pelaku Alat Tes Antigen Bekas Bangun Rumah Mewah di Kampung, Dikenal Orang Kaya, Punya Mobil 4

"Tentunya yang paling penting ini adalah pengawasan eksternal. Yakni melibatkan semua masyarakat, jadi pada saat test disitu kalau ada yang tidak beres ya dilaporkan ke kita," tandasnya.

Diketahui bahwa pihak bandara bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan telah melakukan peninjauan di lokasi pemeriksaan para calon penumpang tersebut.

Kombes Pol Turmudi mengungkapkan bahwa saat ini masih sesuai prosedur yakni alat yang telah dipakai langsung dibuang dan dijadikan limbah B3.

Berita tentang Balikpapan

Penulis: Mohammad Zein Rahmatullah | Editor: Mathias Masan Ola

Penulis: Mohammad Zein Rahmatullah
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved