Breaking News:

Berita PPU Terkini

Sukses Budidayakan Ikan Toman, Pria di Desa Sesulu Ajak Warga Lirik Potensi Tambak Ikan Air Tawar

Potensi sektor perikanan di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) tidak hanya terlihat dari sisi laut, namun potensi tambak ikan tawar juga dinilai menj

TRIBUNKALTIM.CO/DIAN MULIA SARI
Unding memanen ikan hasil tambak miliknya, seperti jenis ikan toman. TRIBUNKALTIM.CO/DIAN MULIA SARI 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM- Potensi sektor perikanan di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) tidak hanya terlihat dari sisi laut, namun potensi tambak ikan tawar juga dinilai menjadi hal yang cukup menjanjikan.

Hal ini dibuktikan oleh Mujahidudin, salah satu warga Desa Sesulu, Kecamatan Waru bahwa pontensi ikan air tawar (ikan toman) cukup menjanjikan terlebih lagi pakan untuk ikan tersebut cukup melimpah di daerah tersebut.

Pria yang akrab disapa Unding ini mengungkapkan, potensi ikan air tawar khusus ikan toman sangat menjanjikan, namun dirinya mengaku bahwa masih banyak kekurangan dalam proses memelihara ikan yang nyaris sama dengan ikan gabus tersebut.

"Ini potensi yang luar biasa, tapi cara dan proses menyebar benih ikan pada awal ada yang kurang karena kita kurang pemahaman. Biar begitu hasilnya juga cukup lumayan," kata Unding ditemui di lokasi tambak miliknya, Selasa (18/4/2021).

Sebelumnya, Unding merupakan nelayan laut, bagang dan pengepul ikan hasil tangkapan nelayan. 

Baca juga: Strategi Bisnis RM Pyramids Bertahan di Tengah Pandemi, Promosikan Budaya Timur Tengah Lewat Kuliner

Namun saat ini dirinya melirik potensi itu dan memberi contoh kepada masyarakat di sekitarnya bahwa ada pontensi yang bisa dimaksimalkan di daerahnya.

"Pada waktu-waktu tertentu ikan tangkapan laut banyak, kadang dibuang karena tidak ada harganya. Ini potensi untuk jadi pakan dan hasil ngobrol dengan teman-teman dan adik-adik Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) PPU ikan yang tepat ya Toman, jadi saya coba dan hasilnya alhamdulilah," ujarnya.

Pria yang memiliki empat putri ini berharap pemerintah dapat turun langsung melihat dan membantu petani tambak ikan air tawar.

Pasalnya hal ini cukup berpontensi untuk lebih dikembangkan apalagi PPU telah ditetapkan sebagai calon Ibu Kota Negara (IKN)

Halaman
12
Penulis: Dian Mulia Sari
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved