Breaking News:

Berita Samarinda Terkini

Cuaca Panas di Samarinda, Polresta Samarinda juga Waspadai Kebakaran Hutan dan Lahan

Cuaca panas terik di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur dalam beberapa hari terakhir, juga membuat jajaran Polresta Samarinda waspada

Penulis: Mohammad Fairoussaniy | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD FAIROUSSANIY
Ilustrasi personel gabungan yang melakukan simulasi pemadaman kebakaran di halaman Polresta Samarinda, Maret 2021 lalu. TRIBUNKALTIM.CO/ MOHAMMAD FAIROUSSANIY 

TRIBUNKALTIM.CO,SAMARINDA- Cuaca panas terik di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur dalam beberapa hari terakhir, juga membuat jajaran Polresta Samarinda waspada.

Langkah antisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) juga telah dilaksanakan jajaran korps Bhayangkara, tentunya juga terus bersinergi dengan instansi terkait yang menanggulangi hal ini.

Sarana prasarana pemadaman yang dimiliki personel gabungan, dalam menangani karhutla juga pernah dilakukan simulasi pada Maret 2021 lalu. 

Baca Juga: Walikota Samarinda Andi Harun Launcing Program Pro Bebaya, Ini Tujuannya

Baca Juga: Safari Jumat di Masjid Syamsul Huda, Wawali Samarinda Rusmadi Ingatkan Jaga Kebersihan Lingkungan

"Personel gabungan untuk pencegahan dan deteksi dini karhutla, juga terus melakukan sinergi. Tentu waspada melihat pergerakan cuaca juga, beberapa hari ini terik," ungkap Kapolresta Samarinda Kombes Pol Arif Budiman melalui Kasubbag Humas Polresta Samarinda AKP Annissa Prastiwi, Jumat (4/6/2021).

Dibeberapa wilayah Kota Tepian sendiri, peran Bhabinkhamtibmas juga penting melakukan himbauan-himbauan, kepada masyarakat mencegah pembukaan lahan dengan cara dibakar serta imbauan-imbauan karhutlan

Baca Juga: Penerapan ETLE di Samarinda, Pengendara tak Bawa SIM dan STNK Langsung Ditindak

Baca Juga: Hari Ini Pemkot Samarinda Launching Program Pro Bebaya, Andi Harun Jelaskan Makna dan Kegiatannya

"Patroli juga ditingkatkan agar tidak terjadi karhutla..Personel gabungan juga dibekali aplikasi "Lancang Kuning" untuk melakukan monitoring terhadap titik api di Kota Tepian," bebernya. 

Aplikasi terhubung dengan citra satelit sehingga sumber api sekecil apapun dapat terdeteksi.

Baca Juga: Kampanye War On Drugs di Dua Kelurahan Samarinda, Role Model Wilayan Anti Narkoba

Baca Juga: BNNK Ringkus Juru Parkir Citra Niaga Samarinda karena Bawa Sabu, Pelaku Pernah Mencuri

"Intergrasi teknologi informasi yang dipakai, diharap maksimal dalam mencegah, dan deteksi dini menangani karhutla yang ada di Samarinda," tutup AKP Annissa Prastiwi (*)

Berita tentang Samarinda

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved