Breaking News:

Berita Kutim Terkini

Babak Baru Dugaan Korupsi Solar Cell di DPMPTSP Kutai Timur, Ada Saksi Tidak Kooperatif

Dugaan Tindak Pidana Korupsi Kegiatan Pengadaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Solar Cell Home System pada Dinas Penanaman Modal Perizinan

HO/KEJARI KUTIM
KANTOR - Kejaksaan Negeri Kutai Timur mengungkap fakta baru dugaan korupsi pengadaan PLTS Solar Cell Home System di DPMPTSP Kutim. Ada saksi yang tidak kooperatif pada saat dilakukan pemanggilan. 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Dugaan Tindak Pidana Korupsi Kegiatan Pengadaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Solar Cell Home System pada Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kutai Timur tahun 2020, memasuki babak baru.

Kepala Kejaksaan Negeri Kutai Timur, Henriyadi W. Putro, melalui Kasi Intelijen Yudo Adiananto mengonfirmasi bahwa Tim Jaksa Penyidik sampai saat ini masih terus melaksanakan pemeriksaan terhadap saksi-saksi.

"Sampai dengan saat ini, sudah dilakukan pemeriksaan 48 orang saksi," ujar Yudo dalam press rilis, Kamis (10/6/2021) pukul 17.30 sore.

Saksi-saksi yang akan dilakukan pemeriksaan meliputi Pejabat Pemkab Kutai Timur, Pejabat Dinas DPMPTSP Kutai Timur, 110 Direktur CV selaku kontraktor pelaksana, dan pihak terkait lainnya.

Baca Juga: Suprianto Divonis Bebas dalam Kasus Korupsi Pembebasan Lahan di Berau, JPU akan Kasasi

Kendati demikian, Yudo turut membenarkan adanya saksi yang tidak kooperatif dan tidak hadir pada saat dilakukan pemanggilan.

Untuk itu, terhadap saksi yang tidak kooperatif akan dilakukan pemanggilan ulang dan apabila tetap tidak hadir, maka Tim Jaksa Penyidik akan melakukan penjemputan secara paksa.

"Terhadap pihak-pihak yang berusaha menghalangi kegiatan penyidikan, maka tim akan mengambil sikap sebagaimana diatur dalam pasal 21 UU Pemberantasan Tipikor," ucapnya.

Pihak bersangkutan akan dikenakan pasal menghalangi atau merintangi penyidikan dengan ancaman pidana maksimal 12 tahun.

Baca Juga: Kepala Dinas Pertanahan Berau Divonis Bebas dan tak Bersalah Atas Kasus Korupsi Pembebasan Lahan

Halaman
1234
Penulis: Syifaul Mirfaqo
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved