Breaking News:

Berita Samarinda Terkini

Rencana Pengembangan Wisata Sungai Mahakam, Walikota Samarinda Andi Harun Tekankan Skala Prioritas

Kota Samarinda, Kalimantan Timur, tak bisa terlepas dari keberadaan Sungai Mahakam yang membelah ibu kota provinsi Kalimantan Timur.

TRIBUNKALTIM.CO/MUHAMMAD RIDUAN
Walikota Samarinda, Andi Harun, menjelaskan wacana penambahan kawasan ekonomi dan wisata Sungai Mahakam Riverside, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur pada Kamis (10/6/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Kota Samarinda, Kalimantan Timur, tak bisa terlepas dari keberadaan Sungai Mahakam yang membelah ibu kota provinsi Kalimantan Timur.

Hal ini sebagai aset alam dan nadi kehidupan bagi warga Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Potensi yang tersimpan dari sungai sepanjang 980 kilometer tersebut pula yang coba dimanfaatkan khususnya oleh pemerintah kota Samarinda dalam berbagai sektor terutama ekonomi dan pariwisata.

Mengenai pengembangan ekonomi dan wisata Sungai Mahakam tersebut disampaikan oleh Walikota Samarinda, Andi Harun dalam diskusi luar ruang yang dilakukan di atas geladak kapal wisata Pesut Etam sambil menyusuri sungai Mahakam pada Kamis (10/6/2021).

Baca Juga: Air Sungai Mahakam Coklat Kehitaman dan Berbau, Ikan Petani Tambak Loa Kulu Kukar Banyak yang Mati

Usai acara diskusi yang turut diikuti oleh wakil walikota Samarinda Rusmadi Wongso.

Dan narasumber dari berbagai elemen lainnya, Andi Harun, mengemukakan gambaran pengembangan wisata Sungai Mahakam yang menurutnya saat ini sedang disusun rencana induk dan masterplan. 

"Terkait rencana induk pengembangan wisata sungai Mahakam di antaranya adalah dengan membenahi kawasan Citra Niaga, kita juga akan membuat pintu masuk Kota Samarinda dari arah Sungai Mahakam.

Selain itu kita juga akan membuat spot-spot dan pelabuhan wisata yang akan dikoneksikan dengan pengembangan industri kreatif dan UMKM," terang Andi Harun.

Baca Juga: Tepian Sungai Mahakam, Wawali Rusmadi Wongso: Pengamat Sebut Samarinda Shanghai Masa Depan

Halaman
123
Penulis: Hanifan Ma'ruf
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved