Breaking News:

Berita Pemprov Kalimantan Timur

Prospek Pertanian Cerah, Gubernur Imbau Masyarakat Kubar Tangkap Peluang yang Ada

Gubernur Kaltim H Isran Noor melihat peluang besar pertanian dan perkebunan terhampar di Kabupaten Kutai Barat (Kubar).

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humasprov Kaltim
Gubernur Kaltim Isran Noor menyebut pertanian di Kutai barat memiliki prospek yang cerah, mengingat perkebunan dan tanaman hortikultura di Kubar paling modern di Kaltim. 

TRIBUNKALTIM.CO - Gubernur Kaltim H Isran Noor melihat peluang besar pertanian dan perkebunan terhampar di Kabupaten Kutai Barat (Kubar).

Hal itu secara terbuka disampaikan Gubernur Isran Noor saat bertemu petani dan pekebun di Sekolaq Darat dan Barong Tongkok, Jumat (11/6), pekan lalu.

"Ini sebuah fakta yang sejauh ini saya lihat, bahwa perkebunan dan tanaman hortikultura sampai saya tahu paling modern di Kalimantan Timur adalah di Kabupaten Kutai Barat," puji Gubernur Isran Noor di depan para petani penyuluh pertanian.

Baca juga: Optimalkan Fungsi, BK DPRD Kaltim Bakal Lakukan Kunjungan ke DPRD Sulawesi Utara

Keunggulan Kutai Barat, selain memiliki hamparan lahan yang luas, juga didukung dengan tanah yang sangat subur sehingga hampir semua tanaman bisa hidup dengan baik di Kubar.

"Apalagi, pasarnya juga sudah sampai ke Samarinda," tambah Isran lagi.

Lanjut Isran, peluang pertanian dan perkebunan Kubar akan semakin menjadi andalan ketika ibu kota negara (IKN) selesai dibangun dan jumlah penduduknya bertambah siginifikan.

Perkiraan gubernur antara 2 juta sampai 3,5 juta orang.

"Kebutuhan pangan IKN nanti bisa disuplai dari Kubar pastinya," tegas Isran.

Karena itu, pesan Isran, tidak ada alasan bagi warga Kubar untuk bermalas-malasan karena peluang pertanian dan perkebunan sangat prospektif.

"Ini harus cepat-cepatan kita. Tidak boleh santai, tidak boleh malas. Masyarakat Kubar harus tangkap peluang ini dengan baik," pesan gubernur memberi motivasi.

Baca juga: Target Pertumbuhan Ekonomi Berubah, Pansus Revisi RPJMD Dibentuk

Kunjungan Gubernur Isran didampingi Wagub Hadi Mulyadi, Bupati Kubar FX Yapan, Wabup Kubar Ediyanto Arkan, dan para kepala OPD Pemprov Kaltim dan Pemkab Kubar.

Bupati Kubar FX Yapan mengakui kehadiran gubernur dan wakil gubernur sangat memotivasi dan menginspirasi masyarakat Kubar. (sul/sdn/adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved