Breaking News:

Berita Pemprov Kalimantan Timur

Covid-19 Masih Mengancam, Gubernur Ingatkan Masyarakat Tetap Laksanakan 5M

Gubernur H Isran Noor menegaskan bahwa angka positif Covid-19 di Kaltim kembali naik, padahal beberapa hari sebelumnya sempat mengalami penurunan.

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humasprov Kaltim
Gubernur Kaltim H Isran Noor saat melaksanakan vaksinasi. Angka positif Covid-19 di Kaltim kembali naik, penanganannya menjadi tanggung jawab bersama mulai dari pemerintah, swasta hingga seluruh lapisan masyarakat. 

TRIBUNKALTIM.CO - Gubernur H Isran Noor menegaskan bahwa, padahal beberapa hari sebelumnya sempat mengalami penurunan.

Meski angka positif Covid-19 mengalami kenaikan, namun Kaltim masih lebih bagus secara nasional.

Hal itu setidaknya terlihat dari bed occupansy ratio (BOR) atau tingkat hunian di rumah sakit.

Lonjakan kasus Covid-19 Kaltim pada posisi rendah, yakni di bawah 20 persen.

"Jadi BOR kita masih bagus secara nasional bila dibandingkan dengan daerah lain di Pulau Jawa yang sudah menggunakan koridor-koridor, termasuk di Jakarta, akibat lonjakan kasus Covid-19,” kata Isran Noor pada acara Rapat Paripurna ke-19 DPRD Kaltim yang digelar di lantai 6 Gedung D DPRD Kaltim, Senin (21/6/2021).

Baca juga: 24-27 Juni 2021, Gubernur dan Wagub Pantau Pembangunan Wilayah Utara

Terkait dengan penanganan Covid-19 di Kaltim, lanjut Isran Noor, tentu bukan semata tanggung jawab pemerintah tetapi semua stakeholder.

Mulai dari pemerintah, swasta dan seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama melakukan pencegahan.

Pemerintah melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltim dan kabupaten/kota terus berkoordinasi dalam upaya menekan angka penularan Covid-19.

"Pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan salah satunya adalah penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro, termasuk pelaksanaan protokol kesehatan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi," terangnya.

Baca juga: Pemprov Siapkan Beasiswa bagi Penghafal Alquran 30 Juz

Isran Noor juga meminta kepala daerah untuk bersama-sama dan bersinergi dalam penanganan dan penanggulangan penularan Covid-19 yang masih melanda seluruh daerah di Kaltim.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat Kaltim untuk tetap menjaga kewaspadaan dalam rangka kesiapsiagaan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Hal tersebut disebabkan karena ancaman penularan dan penyebarannya masih terjadi.

"Semuanya harus tetap waspada, tidak boleh lengah dan lalai serta tidak boleh menyepelekannya. Tetap utamakan protokol kesehatan," pesan Isran Noor. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved