Breaking News:

Berita Samarinda Terkini

Segera Dibuka, Wawali Samarinda Rusmadi Wongso Tinjau Kembali Tepian Mahakam Buat PKL

Bahwa sebagian Tepian Mahakam akan dibuka untuk Pedagang Kaki Lima (PKL) yang beberapa waktu belakangan tidak diperbolehkan lagi berjualan

Penulis: Rita Lavenia | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO HARDI
TINJAU LAPANGAN - Wakil Walikota Samarinda, Rusmadi Wongso, turun meninjau Tepian Mahakam yang akan dibuka untuk para pelaku PKL di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu (23/6/2021). Peninjauan untuk melihat kesiapan dalam penempatan PKL di Tepian Mahakam. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA – Sebelumnya, Walikota Samarinda, Andi Harun sudah menyampaikan.

Bahwa sebagian Tepian Mahakam akan dibuka untuk Pedagang Kaki Lima (PKL) yang beberapa waktu belakangan tidak diperbolehkan lagi berjualan di kawasan tersebut.

Menindaklanjuti hal tersebut, Rabu (23/6/2021) sore, Wakil Walikota Samarinda, Rusmadi Wongso bersama Dinas Lingkungan Hidup, Dishub dan Satpol PP turun secara langsung untuk meninjau lokasi yang ditujukan bagi PKL tersebut.

Rusmadi, panggilannya menjelaskan bahwa kawasan untuk PKL yang dipersiapkan berada di tepian depan Kantor Gubernur dan Bank Indonesia (BI) Kaltim.

Baca juga: Pemkot Samarinda Atur Ruang bagi PKL di Tepian Mahakam, Sebelum Difungsikan sebagai RTH Sepenuhnya

"Kita buka untuk sementara. Namun kita mengedepankan tepian untuk fungsi ruang terbuka hijau," terang Rusmadi kepada media dalam tinjauan tersebut.

Ia menjelaskan bahwa dibukanya tepian untuk PKL dikarenakan saat ini pemerintah belum bisa menyediakan lahan pengganti untuk 130 PKL yang terdaftar.

"Jadi tempat khusus bagi PKL ini bisa dimanfaatkan untuk ruang ekonomi. Namun yang taman tidak boleh ada PKL, apalagi yang untuk teater, tidak boleh," lanjutnya.

Untuk jumlah PKL yang akan diizinkan beroperasi, Rusmadi menuturkan belum bisa menentukan karena pada Kamis 24 Juni 2021, Pemkot Samarinda akan bertemu dengan perwakilan para pelaku usaha tersebut.

Baca juga: Tinjau Kawasan Tepian Mahakam, Wawali Rusmadi Wongso : Pastikan Fungsi Ikon Kota Samarinda

"Kita akan diskusikan dengan mereka bagaimana sistimnya karena kita sangat membatasi jumlah yang boleh berdagang nantinya," katanya.

Misalnya dari 130 satu hari hanya 20, bergantian setiap hari, atau mereka ingin kolaborasi.

"Semua akan ditentukan besok," jelasnya.

Untuk parkir sendiri, Rusmadi menyebut ada dua kantong parkir yaitu Jalan Gunung Semeru dan Jalan Gunung Merapi.

Baca juga: Aturan Baru Penanganan Sebaran Covid-19, Walikota Samarinda Tutup Kawasan Tepian Mahakam Malam Hari

Selain itu juga ia menyebut Tepian Teluk Lerong dan Taman Kupu-Kupu akan kembali dibuka untuk umum.

"Tetapi tidak boleh ada PKL di sana. Karena orang datang ketepian kan tidak untuk makan saja, tetapi untuk menikmati sekitar sungai dan berwisata," tutupnya.

Berita tentang Samarinda

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved