Breaking News:

Berita Kodam VI Mulawarman

Tingkatkan Pelayanan, Pangdam VI Mulawarman Resmikan CT Scan di RS Dr Hardjanto Hari Ini

Demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pada umumnya dan keluarga besar Kodam VI Mulawarman khususnya, Rumah Sakit Tingkat II Dr. R. Hardjanto.

Editor: Diah Anggraeni
HO/Kodam VI Mulawarman
Peresmian fasilitas baru di Rumah Sakit Tingkat II Dr. R. Hardjanto Kesdam VI Mulawarman hari ini (25/6/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO - Demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pada umumnya dan keluarga besar Kodam VI Mulawarman khususnya, Rumah Sakit Tingkat II Dr. R. Hardjanto Kesdam VI Mulawarman menambah fasilitas berupa fasilitas computed tomography (CT) scan. 

CT scan salah satu jenis peralatan kesehatan yang sangat dibutuhkan masyarakat untuk penegakan diagnosis, terutama untuk penyakit saraf dan stroke.

Fasilitas tersebut diresmikan oleh Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, S.I.P., M.M., M. Tr. (Han) pada Jumat (25/6/2021) hari ini.

Baca juga: Kasdam VI/Mlw Pimpin Sidang Parade Catar Akmil Panda Kodam VI/Mlw TA 2021

CT scan itu merupakan bantuan dari Baranahan Kemhan RI dengan tipe CT Scan Multislice 160 yang telah mendapat izin dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir terkait pemanfaatan tenaga nuklir dengan sumber radiasi pengion dalam radiologi diagnostik dan intervensional.

Alat itu pun memiliki sejumlah keunggulan seperti waktu pengambilan gambar lebih cepat dan efisien, perbedaan fungsi dan karakteristik struktur jaringan organ dapat diberi warna, serta dapat dibuat tampilan 3 dimensi.

CT scan itu juga dapat membuat detail gambar struktur pembuluh darah organ dengan jelas.

Dosis radiasi dari CT scan pundapat dikontrol dan disesuaikan dengan kebutuhan serta pembiayaaannya bisa menggunakan kartu BPJS Kesehatan.

Baca juga: Kodam VI Mulawarman Kembali Gelar Vaksinasi Covid-19

Oleh karena itu, Pangdam Heri Wiranto menekankan agar alat tersebut dipelihara dan dirawat dengan sebaik- baiknya.

Selain itu, ia juga berharap dengan adanya penambahan alat, pihak rumah sakit mampu mendiagnosis secara cepat dan akurat kelainan atau gangguan dari beberapa jaringan maupun organ tubuh sensitif seperti kepala, thorax atau dada, abdomen atau perut, ekstremitas atau anggota gerak bawah dan atas, hingga asculer.

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved