Breaking News:

Berita Pemprov Kalimantan Timur

Resmikan Tiga Sekolah di Muara Wahau, Gubernur Apresiasi Peran Swasta dalam Program Pembangunan

Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor didampingi Wakil Gubernur Hadi Mulyadi, Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman, Wakil Bupati Kasmidi Bulang

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humasprov Kaltim
Gubernur Kaltim Isran Noor didampingi Wakil Gubernur Hadi Mulyadi, Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman, Wakil Bupati Kasmidi Bulang, dan manajemen Sinar Mas Group meresmikan secara simbolis tiga sekolah yang dibangun oleh Eka Tjipta Foundation, Jumat (25/6/2021). Tiga sekolah ini berada di Mess Management Jak Luay PT Tapian Nadenggan Sinar Mas Region Kaltim 2, Desa Jak Luay, Kecamatan Muara Wahau, Kabupaten Kutai Timur. 

TRIBUNKALTIM.CO - Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor didampingi Wakil Gubernur Hadi Mulyadi, Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman, Wakil Bupati Kasmidi Bulang, dan manajemen Sinar Mas Group meresmikan secara simbolis tiga sekolah yang dibangun oleh Eka Tjipta Foundation (ETF), Jumat (25/6/2021).

Tiga sekolah yang diresmikan adalah SMP ETF-01 Jak Luay, SMP ETF-02 Kongbeng, dan SD ETF-01 Telen di Mess Management Jak Luay PT Tapian Nadenggan Sinar Mas Region Kaltim 2, Desa Jak Luay, Kecamatan Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur.

Gubernur mengapresiasi peran swasta di Kutai Timur dalam mendukung pemerintah daerah melaksanakan program-program pembangunan.

Khususnya dalam penyaluran corporate social responsibility (CSR) kepada masyarakat sekitar perusahaan, terutama di bidang pendidikan.

"Peran swasta di sini sangat luar biasa, baik dari perusahaan kelapa sawit dan tambang batu bara. Kita bukan minta uangnya, tapi minta kontribusinya untuk masyarakat di kawasan perusahaan sehingga meningkat perekonomian dan kesejahteraannya," puji Isran.

Baca juga: Harus Jadi Contoh Daerah Lain, Gubernur dan Wagub Kunjungi Peternakan Sapi Terpadu dan Tanam Rambai

Dipandu Kepala SMP ETF-01 Jak Luay, Firman Arifin, gubernur dan rombongan melihat fasilitas sekolah seperti perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium sains dan ruang kelas belajar mengajar.

"Semoga dengan gedung sekolah yang memiliki fasilitas bagus seperti ini, kualitas pendidikan di sekitar kawasan PKS milik PT Tapian Nadenggan bisa meningkat atau minimal setara dengan kualitas pendidikan sekolah-sekolah di wilayah perkotaan, sehingga kualitas sumber daya manusia juga semakin meningkat," harapnya.

Perwakilan Sinar Mas Group, Mulyadi menjelaskan, untuk gedung SMP ETF-01 Jak Luay memliki 9 ruangan kelas belajar mengajar yang dapat menampung sekitar 224 siswa dari kelas 7, 8 dan 9.

Untuk kegiatan belajar mengajar sekolah ini terdapat 16 guru yang siap mendidik siswa-siswi.

Untuk gedung sekolah sudah beroperasi beberapa tahun dan menghasilkan lulusan, namun memang baru diresmikan bertepatan dengan kunjungan gubernur ke Kutai Timur.

"Kami juga memberikan beasiswa untuk masyarakat di sekitar perusahaan mulai dari SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi. Semoga ini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia di Kutai Timur," jelas Mulyadi.

Baca juga: Hari Kedua Kunker, Gubernur dan Wagub Melihat Potensi Besar Bisnis Ayam Petelur di Labanan Makarti

Sejahtera di Kongbeng

Mantan Bupati Kutai Timur tersebut juga mengaku bangga dan bahagia melihat perkembangan perkebunan kelapa sawit di Kutai Timur. Salah satunya yang dikelola PT Tapian Nadenggan di bawah naungan Sinar Mas Group.

Kata Gubernur, 16 tahun yang lalu kebun itu mulai dibangun dan sekarang bisa dibayangkan perkembangannya begitu pesat.

Saat ini luas kebun inti 25 ribu hektare, kebun plasma 6.800 hektare, dan kebun plasma swadaya 8.900 hektare dengan petani swadaya 2.400 orang lebih.

"Dari luasan itu, seorang petani swadaya memiliki kurang lebih tiga hektare lahan kebun sawit. Artinya tidak ada lagi orang miskin di wilayah Kongbeng, Telen, Muara Wahau, Rantau Panjang, Muara Bengkal sampai Muara Ancalong karena ada sekitar 35 PKS (pabrik kelapa sawit) di wilayah tersebut," pungkas Isran. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved