Virus Corona

FAKTA Lain Vaksin Covid-19: Orang yang Sudah Divaksin Masih Bisa Tertular, Tapi Virusnya Sedikit

Perlu diketahui, orang yang sudah mendapat vaksin Covid-19 masih bisa tertular penyakit ini.

Editor: Doan Pardede
TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
(ilustrasi) Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan kembali menggelar vaksinasi massal bagi pedagang di Pasar Sepinggan. Perlu diketahui, orang yang sudah mendapat vaksin Covid-19 memang masih bisa tertular penyakit ini. 

TRIBUNKALTIM.CO -  Pemerintah terus menggencarkan pelaksanaan vaksinasi covid-19 di seluruh wilayah Indonesia. 

Bicara vaksinasi covid-19, ternyata ada sejumlah yang perlu diketahui oleh masyarakat, khususnya manfaat atau kegunaan vaksinasi covid-19. 

Salah satu hal yang perlu untuk diketahui, orang yang sudah mendapat vaksin Covid-19 memang masih bisa tertular penyakit ini.

Hanya saha, jumlah virusnya (viral load) rendah.

Baca juga: Cerita Unik dalam Vaksinasi Massal di Samarinda, Takut Jarum Suntik tapi Lebih Bahaya Covid-19

Dengan demikian, orang tersebut cenderung tidak menularkan penyakit dibandingkan dengan orang yang belum divaksin.

Sebagai tambahan, para ilmuwan menemukan bahwa orang yang sudah divaksin memiliki gejala yang ringan dan lebih cepat sembuh jika terinfeksi.

Salah satu karyawan PAM Tower BSB Balikpapan, Wulan mengikuti giat vaksinasi di Mall BSB E-Walk Balikpapan, Rabu (30/6/2021).TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Salah satu karyawan PAM Tower BSB Balikpapan, Wulan mengikuti giat vaksinasi di Mall BSB E-Walk Balikpapan, Rabu (30/6/2021).TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO (TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO)

Demikian menurut hasil penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine.

“Bahkan ketika seseorang divaksin dan mereka tertular, gejalanya ringan dan cenderung tidak mengalami demam,” kata salah satu peneliti, ahli epidemiologi Mark Thompson.

Dia menegaskan, hal ini bisa jadi pertimbangan bahwa jika kita sudah divaksin maka kemungkinan kita menyebarkan virus di sekitar lebih rendah. 

Penelitian itu dilakukan dengan mengikuti 3.975 tenaga kesehatan yang menjalani tes mingguan antara pertengahan Desember sampai April.

Baca juga: Serbuan Vaksinasi Massal di GOR Sempaja Samarinda, Target 1.000 Orang Disambut Antusias

Infeksi Covid-19 dideteksi pada 204 partisipan studi, termasuk lima orang yang sudah mendapat vaksinasi lengkap dan 11 orang yang baru mendapat satu kali suntikan vaksin Pfizer atau Moderna.

Mereka yang sudah mendapat vaksin lengkap memiliki viral load 40 persen lebih rendah dibanding orang yang tidak divaksin, dan juga virus yang terdeteksi selama lebih dari satu minggu juga lebih rendah 66 persen.

Gejala demamnya pun lebih jarang. 

Orang yang sudah divaksin dan terinfeksi Covid-19 itu tak ada yang membutuhkan perawatan di rumah sakit karena gejalanya tergolong ringan atau sedang.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved