Breaking News:

Salah Satu Mitra Ekonomi Utama Indonesia, Menko Airlangga Kunjungan Kerja ke Singapura

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto melakukan kunjungan kerja selama 2 hari ke Singapura, 13-14 Juli 2021.

Editor: Diah Anggraeni
ekon.go.id
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto saat bertemu dengan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong. 

TRIBUNKALTIM.CO - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto melakukan kunjungan kerja selama 2 hari ke Singapura, 13-14 Juli 2021.

Dalam kunjungan kerja ini, Menko Airlangga akan mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Wakil Perdana Menteri Singapura yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kebijakan Ekonomi Heng Swee Keat, Menteri Senior dan Menteri Koordinator Bidang Sosial Tharman Shanmugaratnam, Menteri Luar Negeri Dr Vivian Balakrishnan, serta Menteri Komunikasi dan Informatika, Menteri Kedua Dalam Negeri, dan Menteri yang Bertanggung Jawab atas Smart Nation dan Cybersecurity Josephine Teo.

Baca juga: Airlangga Meminta Masyarakat Tidak Khawatir, Pemerintah Jaga Laju Ekonomi selama PPKM Darurat

Menko Airlangga juga dijadwalkan akan memimpin Pertemuan Tingkat Menteri Enam Kelompok Kerja Bilateral Singapura – Indonesia bersama Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Gan Kim Yong.

Fokus pembahasan dalam pertemuan ini adalah terkait perkembangan kerja sama bilateral di bidang ekonomi antara kedua negara terkait investasi, transportasi, pariwisata, pembangunan kawasan Batam-Bintan-Karimun dan kawasan ekonomi khusus lainnya, tenaga kerja dan agribisnis.

Sejumlah isu bilateral penting dibahas dalam rangkaian pertemuan bilateral tersebut, antara lain, perkembangan hubungan bilateral khususnya di bidang investasi dan perdagangan, persiapan Leaders’ Retreat kedua negara, persiapan Presidensi G20 tahun 2022, keketuaan Indonesia di ASEAN pada 2023, dan perkembangan penanganan ekonomi di masa pandemi.

Dalam kesempatan yang sama, Menko Airlangga juga menyampaikan apresiasi atas dukungan dan bantuan medis dari Singapura untuk penanganan kasus Covid-19 yang meningkat beberapa minggu terakhir.

Seperti diketahui, Singapura mengirimkan bantuan ventilator dan oksigen ke Indonesia.

Singapura merupakan salah satu partner ekonomi utama bagi Indonesia di bidang investasi dan perdagangan.

Baca juga: Menko Airlangga: Indonesia Bertekad Menjadi High-Income Country

Pada kuartal pertama tahun ini, penanaman modal asing (foreign direct investment) dari Singapura mencapai USD 2,6 miliar yang tersebar pada lebih dari 3.634 proyek.

Nilai perdagangan antar kedua negara tercatat sebesar USD 20,47 miliar pada tahun 2020 dan mencapai USD 10,97 miliar dari awal tahun 2021 hingga Mei tahun ini.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved