Breaking News:

Berita Kaltim Terkini

Kapal Buatan Anggana Laku Sampai Ke Maladewa Senilai Rp 98 Miliar, Ini Spesifikasinya

Kali ini kapal yang diproduksi anak-anak kecamatan Anggana kabupaten Kutai Kartanegara itu telah dilirik perusahaan pariwisata yang ada di Maladewa.

Penulis: Jino Prayudi Kartono | Editor: Adhinata Kusuma
HUMAS PEMPROV KALTIM
Penampakan Kapal Roro SWATH Robin di perairan sungai Mahakam. Kapal yang diproduksi anak-anak kecamatan Anggana kabupaten Kutai Kartanegara itu telah dilirik perusahaan pariwisata yang ada di Maladewa. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Kalimantan Timur (Kaltim) kembali mencatatkan prestasi khususnya di bidang perkapalan.

Kali ini kapal yang diproduksi anak-anak kecamatan Anggana kabupaten Kutai Kartanegara itu telah dilirik perusahaan pariwisata yang ada di Maladewa (Maldives).

Harga yang ditawarkan tidak kecil. Satu unit kapal jenis Roro ini dibandrol dengan harga Rp 98 miliar.

Bahkan Gubernur Kaltim Isran Noor datang melihat langsung kapal tersebut, Jumat (16/7/2021) siang.

Lalu apa saja keunggulan dari kapal tersebut sehingga dilirik hingga mancanegara? Desainer kapal Ridwan Najjar mengatakan kapal ini memiliki kekuatan 600x2 daya kuda (horse power).

Kapal tersebut memiliki empat lantai. Dimana di lantai pertama terdapat 12 ruangan. Keduabelas ruangan tersebut yaitu ruang massage, pembuat air tawar menjadi air bersih dan ruang elektrik.

Baca juga: Kapal Roro SWATH Robin Karya Anak Kaltim Berlayar ke Maldives, Gubernur: Promosikan Lebih Kencang

Kemudian di lantai dua terdapat restoran, bar dan empat kamar penumpang.

Di lantai tiga merupakan kamar penumpang, kamar kapten kapal dan ruang kemudi. Sedangkan di lantai empat disiapkan jacuzzi dan tempat santai.

Kapal ini merupakan yang pertama dibuat di Asia Tenggara untuk model Small Waterplane Area Twin Hull (SWATH). Keunikan kapal ini dibangun dengan model twin hull, yakni menggunakan dua pengapung berbentuk torpedo (lambung kembar).

Kapal juga lebih aman saat berlayar dengan kecepatan tinggi. Kapal ini juga didesain lebih mudah bagi pelancong yang hobi menyelam karena lantai bisa diatur cukup dengan air laut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved