Breaking News:

Virus Corona di Balikpapan

RSUD Beriman Khusus Pasien Covid-19, Satgas Bersurat ke RS di Balikpapan

Pemerintah Kota atau Pemkot Balikpapan berencana menjadikan RSUD Beriman sebagai rumah sakit rujukan utama Covid-19.

Penulis: Miftah Aulia Anggraini | Editor: Mathias Masan Ola
TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Ilustrasi RSUD Beriman di Gunung Malang akan dijadikan rujukan utama pasien Covid-19 Balikpapan.┬áTRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pemerintah Kota atau Pemkot Balikpapan berencana menjadikan RSUD Beriman sebagai rumah sakit rujukan utama Covid-19.

Hal tersebut merupakan hasil diskusi Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty dengan Walikota Balikpapan.

"Ada diskusi Walikota dengan DKK juga beberapa tim kecil tenaga kesehatan, memang sebaiknya RSUD Beriman yang difokuskan dulu jadi tempat rujukan utama,” ujarnya.

Nantinya, RSUD Beriman hanya fokus menangani pasien Covid-19. Artinya tidak ada lagi pasien umum atau non-Covid ke RSUD Beriman.

Semua kamar akan dialihkan. Pasien non-Covid nantinya akan diarahkan ke rumah sakit lain. Pihaknya mengaku telah berkordinasi mengenai hal tersebut.

Baca juga: Penuh Pasien Covid-19, IGD RSUD Beriman Balikpapan Tutup Tiga Hari

"Kami sudah bersurat setiap rumah sakit bahwa nanti akan terjadi rujukkan non-Covid yang datang ke RSUD Beriman,” ungkapnya.

Untuk mendukung rencana tersebut, Dinas Kesehatan Kota Balikpapan telah membuka rekrutmen mulai dari tenaga kesehatan dan lainnya.

“Kami sudah open rekrutmen. Baik sopir ambulance, dokter, hingga perawat. Itu bagian dari tahapan persiapan,” ucapnya.

Sebagai informarsi, keinginan Pemerintah Kota Balikpapan untuk menjadikan Asrama Haji sebagi rumah sakit darurat belum bisa terealisasi dalam waktu dekat.

Mengingat Gubernur Kaltim Isran Noor belum meberi lampu hijau atau merestu. Kendati demikian, pemerintah kota memiliki opsi lain.

Agar mereka yang terpapar Covid-19 bisa mendapatkan perawatan medis. Seiring dengan keterisian rumah sakit yang sudah penuh. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved