Breaking News:

Berita Kukar Terkini

Rencana Pemekaran Kecamatan Muara Kaman di Kukar Kembali Bergulir

Rencana pemekaran Kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kembali bergulir.

Penulis: Aris Joni | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/ARIS JONI
Kades Bunga Jadi, Ismet. Ia mengatakan rencana pemekaran tersebut sudah dicanangkan sejak puluhan tahun lalu, tepatnya pertama digagas sekitar tahun 1997 silam. TRIBUNKALTIM.CO/ARIS JONI 

TRIBUNKALTIM. CO, TENGGARONG - Rencana pemekaran Kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kembali bergulir.

Komisi I DPRD Kukar mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama pihak pemerintah desa dan camat di Muara Kaman.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Senin, (2/8/2021) di ruang Banmus Kantor DPRD Kukar.

Salah satu penggagas pemekaran yang juga Kepala Desa Bunga Jadi Kecamatan Muara Kaman, Ismet menjelaskan, rencana pemekaran tersebut sudah dicanangkan sejak puluhan tahun lalu, tepatnya pertama digagas sekitar tahun 1997 silam.

Bahkan, ucap dia, pada tahun 1999 silam, rencana pemekaran itu sudah dibuatkan Peraturan Daerahnya (Perda), yakni Perda Nomor 18 Tahun 1999 tentang Pemekaran Kecamatan Muara Kaman.

Baca juga: Wacana Pemekaran Kecamatan Tenggarong Bakal Diakomodir DPRD Kukar

“Memang kalau kita runut ke belakang proses pemekaran Kecamatan Muara Kaman ini sudah berjalan jauh lebih lama, sampai pada tahun 1999 Perdanya pun sudah ada dengan rencana nama saat itu kecamatan Sedulang, tapi belum ada tindak lanjut,” ujar Ismet.

Setelah puluhan tahun berlalu, lanjut dia, barulah hari ini tim dan DPRD melakukan RDP guna menindaklanjuti rencana pemekaran tersebut, sehingga beberapa syarat yang diatur oleh undang-undang tentang pemekaran kecamatan dapat dipenuhi.

“Seperti di mana Muara Kaman ada 20 desa dan syarat untuk memenuhi pemekaran adalah 10 desa. Jadi dari sisi persyaratan kita sudah memenuhi,” jelasnya.

Ismet berharap, proses pemekaran Kecamatan Muara Kaman tersebut dapat direalisasikan di tahun 2022 mendatang.

Pasalnya, dirinya selaku penggagas sudah memulai rencana pemekaran itu sejak tahun 1997 dan sampai sekarang dirinya masih diberikan kepercayaan untuk melanjutkan itu.

Baca juga: Rencana Pemekaran Samarinda Seberang, DPRD Kaltim Yakin Berdampak ke Perekonomian dan Pembangunan

“Dan saat ini akan ditambah lagi untuk personel timnya supaya lebih cepat lagi kerjanya untuk memenuhi apa yang dibutuhkan secara administrasi,” tuturnya.

Ia menambahkan, terdapat 10 desa yang rencananya akan ikut bergabung dalam pemekaran Kecamatan Muara Kaman tersebut, di antaranya Desa Bunga Jadi, Desa Menamang Kanan, Desa Menamang Kiri, Desa Sedulang, Desa Puan Cepak, Desa Sabintulung, Desa Panca Jaya, Desa Teratak, Desa Sidomukti, dan Desa Cipari Makmur.

“Alasan pemekarannya untuk pemerataan pembangunan, karena Kecamatan Muara Kaman, salah satu Kecamatan yang cukup luas di Kukar,” ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved