Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Tingkatkan Populasi Ternak, Dinas Pertanian Serahkan 12 Ekor Sapi ke Kelompok Tani Maju Sejahtera

Pemkab Kubar melalui Dinas Pertanian menyerahkan bantuan 12 ekor sapi kepada Kelompok Tani Maju Sejahtera Kampung Muara Gusik, Kecamatan Bongan.

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas Kabupaten Kubar
Pemkab Kubar melalui Dinas Pertanian saat menyerahkan bantuan 12 ekor sapi kepada Kelompok Tani Maju Sejahtera, Kampung Muara Gusik, Kecamatan Bongan, Senin (9/8/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO - Pemkab Kubar melalui Dinas Pertanian menyerahkan bantuan 12 ekor sapi kepada Kelompok Tani Maju Sejahtera, Kampung Muara Gusik, Kecamatan Bongan.

Bantuan diserahkan oleh Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kubar, Sapriansyah kepada Ketua Kelompok Tani Udil Thamrin, Senin (9/8/2021).

Bantuan sapi tersebut terdiri dari 11 ekor betina dan 1 ekor jantan.

Baca juga: Lagi, TP PKK Kubar Bantu Dua Keluarga di Barong Tongkok dan Linggang Bigung

Menurut Sapriansyah, tahun 2021 ada delapan program kegiatan yang dilaksanakan di delapan kecamatan.

Sapriansyah menjelaskan, sebelum bantuan diserahkan, pihaknya sudah menjelaskan kepada kelompok tani agar bantuan dapat dikembangkan oleh kelompok secara bersama untuk meningkatkan populasi ternak.

"Bantuan yang diberikan untuk usaha bagi masyarakat atau kelompok tani supaya masyarakat bisa belajar cara berusaha secara berkelompok. Bantuan ini tidak dibagikan kepada setiap kepala keluarga tapi dikembangkan di kelompok tani, sehingga hasil bisa digulirkan atau disetorkan kepada kelompok berikutnya," ujarnya.

Sekali lagi, teknis bantuan tetap bergulir namun diatur oleh kelompok untuk pengembangan selanjutnya di kampung, dengan harapan ternak berkembangbiak baik sapi, babi maupun kambing.

Selanjutnya bantuan babi kampung juga diberikan untuk melestarikan, jangan sampai babi kampung punah.

Karena hampir mayoritas masyarakat Kubar terbiasa memelihara babi kampung yang berbeda dengan babi pedaging.

Baca juga: Bupati Yapan Ingatkan Camat Jangan Tutup Mata, Hati dan Telinga Dalam Penanganan Covid-19

Lebih lanjut Sapriansyah mengimbau seluruh kelompok tani agar serius mengembangbiakkan ternak bantuan yang telah diberikan.

Jika ada kendala dan permasalahan di lapangan atau permasalahan medis, dapat berkomunikasi dengan Bidang Peternakan.

"Jika ada permasalahan, silakan menghubungi telepon nomor handphone yang diberikan untuk berkoordinasi. Petugas di lapangan siap membantu untuk pencegahan maupun penanggulangan. Selain itu, setiap kelompok tani harus ada kader yang dilatih oleh petugas sehingga ketika ada permasalahan bisa langsung menangani secara cepat, sambil menunggu petugas datang," harap Sapriansyah. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved