Breaking News:

Virus Corona di Berau

Pemkab Berau Minta Bantuan Perusahaan dalam Isolasi Terpadu Covid-19

Pemerintah Kabupaten Berau menggelar rapat sinergitas dalam upaya penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur

Penulis: Rita Lavenia | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/RENATA ANDINI
Rapat sinergitas yang digelar Pemkab Berau dan dihadiri oleh OPD dan Berbagai Perusahaan dalam upaya penanganan Covid-19 di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur pada Kamis (12/8/2021).  

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Pemerintah Kabupaten Berau menggelar rapat sinergitas dalam upaya penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur pada Kamis (12/8/2021), khususnya pada lingkup perusahaan.

Rapat tersebut dihadiri oleh jajaran Forkopimda Berau beserta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait serta puluhan perusahaan yang ada di Berau.

Sri Juniarsih yang ditemui usai pertemuan tersebut menuturkan, pihaknya meminta bantuan dari seluruh perusahaan dari berbagai bidang.

Baik itu pertambangan maupun perkebunan yang ada di Berau untuk bersama menekan angka penyebaran dan membantu penanganan pasien di 13 kecamatan yang ada di Kabupaten Berau.

“Kesimpulannya kami mengajak semua perusahaan yang ada untuk bersinergi mengatasi Covid-19 dengan menunjukan kepeduliannya kepada masyarakat terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) walaupun diluar dari lingkar perusahaan,” jelasnya.

Baca juga: Pemkab Berau Bagikan Cadangan Beras Pemerintah ke Warga Terdampak Covid-19

Ia melanjutkan, program bantuan perusahaan juga termasuk pengadaan lokasi Isolasi Terpadu (Isoter) di seluruh kecamatan.

“Program yang mewajibkan tiap kecmatan memiliki tempat Isoter bisa terlaksana dengan bantuan dari perusahaan. Kemudian setiap bulan kami meminta kepada perusahaan untuk membantu masyarakat dan UMKM terdampak,” sambungnya.

Ia menambahkan, saat ini ada kecamatan yang belum memiliki lokasi Isoter, sehingga orang nomor satu di Kabupaten Berau ini meminta jika wilayah tersebut masuk ke dalam lingkar perusahaan maka harus langsung dibantu, tetapi jika di luar lingkar perusahaan dapat melalui Pemda.

“Dari perusahaan mereka tidak bisa menolak, karena itu wajib,” tegasnya.

Baca juga: Angka Kasus Covid-19 di Tanjung Redeb Berau Tertinggi, Isolasi Mandiri di Rumah tak Efektif

Bantuan kepada masyarakat bisa berupa dana langsung yang nantinya melalui Pemda akan menyalurkan kepada masyarakat Berau. Ia melanjutkan, dana tersebut akan disalurkan oleh pemda berupa bantuan sosial baik dalam bentuk sembako maupun obat-obatan dan keperluan lainnya untuk menunjang penanganan Covid-19.

“Saya minta satu pintu, supaya rapi dan terdata sehingga nantinya tidak tumpang tindih,” pungkasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala BPBD Berau, Thamrin mengakui Pemkab belum memiliki anggaran pasti untuk pembentukan isoter. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved