Breaking News:

Berita Paser Terkini

Pasokan Donor Darah di Kabupaten Paser Masih Minim

Kebutuhan donor darah di Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur, masih mengalami peningkatan di masa pandemi Covid-19

Penulis: Syaifullah Ibrahim | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM
Palang Merah Indonesia (PMI) Paser, Jalan DR. Cipto Mangkusumo, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur pada Jumat (13/8/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER - Kebutuhan donor darah di Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur, masih mengalami peningkatan di masa pandemi Covid-19.

Dalam sepekan terakhir, postingan warganet di grup-grup facebook daerah banyak yang membutuhkan pendonor begitupun di grup WhatsApp.

Ketua PMI Kabupaten Paser, dr. Ahmad Hadi Wijaya, mengatakan, pasokan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Paser masih minim ketersediaan.

"Karena di paser masih minim stok darah, kamu mengharapkan masyarakat untuk berpartisipasi mendonorkan darahnya," ajak Hadi, saat dikonfirmasi TribunKaltim.co melalui pesan WhatsApp pada Sabtu (14/8/2021).

Baca juga: UPDATE Virus Corona di Penajam Paser Utara, 2 Hari Angka Kematian karena Covid-19 Capai 7 Kasus

Bagi masyarakat di Kabupaten Paser yang ingin melakukan donor darah, dapat mendatangi langsung Sekretariat PMI Paser, di Jalan DR. Cipto Mangkusumo, atau di samping eks RSUD Panglima Sebaya, Kecamatan Tanah Grogot.

Donor darah biasa, juga dapat dilakukan bagi masyarakat yang telah melakukan vaksinasi.

"Masyarakat yang sudah divaksin, bisa menjadi pendonor, dengan ketentuan 3 hari setelah vaksin pertama, dan 7 hari setelah vaksin kedua," jelasnya.

Jika dalam pemberian vaksin dosis 1 terjadi Kejadian Pasca Imunisasi (KIPI) dan mendapatkan pengobatan, maka tidak dianjurkan mendonor secara langsung.

Baca juga: Stok Darah Kosong, Ketua PMI Paser Inginkan Partisipasi Masyarakat Meningkat

"Namun setelah vaksin dosis 2 dilakukan, maka menunggu 4 minggu, paska bebas gejala donor plasma konvalesen dapat dilakukan 7 hari setelah vaksin pertaka dan kedua," terang Hadi.

Adapun ketersediaan stok darah di PMI Paser meliputi, untuk golongan daran A dan B sebanyak 1 kantong.

Sementara golongan darah O terdapat 22 kantong, dan golongan darah AB masih kosong. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved