Breaking News:

Berita Kukar Terkini

Disdukcapil Kukar Akan Siapkan Mesin ADM untuk Enam Kecamatan, Bisa Cetak KTP, KK dan Akta

Guna memudahkan pelayanan publik, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Kartanegara (Kukar) menyediakan Anjungan Dukcapil Mandiri

Penulis: Aris Joni | Editor: Mathias Masan Ola
TRIBUNKALTIM.CO/ARIS JONI
Kepala Disdukcapil Kukar, Irianto. Akan dibangun anjungan dukcapil mandiri di Kukar. TRIBUNKALTIM.CO/ARIS JONI 

TRIBUNKALTIM.CO,, TENGGARONG - Guna memudahkan pelayanan publik, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Kartanegara (Kukar) menyediakan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di beberapa kecamatan.

Hal itu diungkapkan Kepala Disdukcapil Kukar, Muhammad Irianto, kepada awak media. Kamis, (19/8/2021).

Dikatakan Irianto, program tersebut merupakan bagian dari program Bupati Kukar dalam memudahkan pelayanan serta menjadikan setiap pelayanan publik berbasis digital.

"Bahasanya itu digitalisasi pelayanan publik, itu konsep yang kita implementasikan," ujarnya.

Dimama ucap Irianto, ADM merupakan sebuah mesin cetak domumen kependudukan yang dirancang oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk memudahkan pelayanan terhadap masyarakat.

Baca juga: Sebentar Lagi Nunukan Sedia Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri, Fungsinya Bak ATM Bank

Sehingga ucap dia, masyarakat bisa mencetak sendiri semua dokumen kependudukannya, seperti KTP, Kartu Keluarga dan Akta pencatatan sipil lainnya.

"Selama ini masyarakat merekam bisa di kecamatan. Namun, mencetaknya harus di Disdukcapil. Kendala itulah yang kita atasi dengan menaruh unit itu," katanya.

Irianto menjelaskan, dirinya banyak mendapat keluhan warga yang tinggal di kecamatan bagian hulu Kukar yang masih sering kesulitan mengurus dokumen kependudukannya.

“Kemudian untuk mencetak dokumen tersebut juga harus di Disdukcapil. Belum lagi masyarakat harus menunggu hasil pencetakan dokumen yang telah dibuat,” tuturnya.

Tapi kata dia, dengan adanya mesin ADM ini, masyarakat yang jauh bisa memanfaatkanya untuk mencetak dokumen kependudukannya sendiri di kecamatan tempat mereka tinggal.

Baca juga: Sistem Seperti ATM, Kalimantan Utara Bakal Pakai Anjungan Dukcapil Mandiri untuk Pengurusan di Capil

"Cuma tetap harus mendapatkan PIN dari Disdukcapil sebagai pelaksananya. Setelah dapat PIN mereka akan pergi ke ADM untuk mencetaknya sendiri," Jelas Iryanto.

Dirinya merencanakan sekitar enam kecamatan yang akan mendapatkan mesin ADM tersebut. Namun, sementara ini ia belum bisa memastikan kecamatan yang mana akan mendapatkannya, karena pihaknya masih akan melakukan study kelayakan di kecamatan-kecamatan.

"Kan itu perlu dukungan internet. Jadi harus kita uji kelayakan dulu dari sisi jaringan internet di kecamatan," pungkasnya.(*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved