Liga 3

Persiapan Liga 3 dan Piala Soeratin, Askab PSSI Kutai Timur Seleksi Pemain

Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Kutai Timur menggelar turnamen guna menyeleksi pemain

Penulis: Syifaul Mirfaqo | Editor: Mathias Masan Ola
TRIBUNKALTIM.CO/SYIFA'UL MIRFAQO
Pelaksanaan seleksi pemain Liga 3 dan Piala Soeratin di Gedung Stadion Kudungga Sangatta, Kabupaten Kutai Timur. TRIBUNKALTIM.CO/SYIFA'UL MIRFAQO 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Kutai Timur menggelar turnamen guna menyeleksi pemain.

Kurang lebih 100 peserta akan diseleksi selama beberapa hari hingga menyisakan 30 pemain yang akan berlaga di liga amatir.

"Beberapa hari yang lalu Asprov PSSI telah mengagendakan konferensi pers tahunan dan diputuskan untuk pelaksanaan kompetisi nasional liga amatir Kalimantan Timur," ujar Sekjen Askab PSSI Kutim, Pandi Widiarto.

Berdasarkan hasil putusan dalam konferensi pers tersebut, pengurus Askab PSSI Kutim mengadakan rapat bersama tim inti untuk menggelar seleksi.

Meskipun sempat tertunda, pengurus akhirnya menggelar seleksi untuk Liga 3 dan Piala Soeratin pada pekan keempat bulan Agustus 2021 ini.

Baca juga: Puncaki Grup F, PS Penajam Utama Ingin Mengulang Sukses Bawa Pulang Piala Soeratin ke Penajam

"Pada hari ini yaitu tanggal 22-25 Agustus 2021 berlangsung seleksi untuk Liga 3 dan di tanggal 28-29 untuk Piala Soeratin," ucapnya.

Lebih lanjut Pandu menjelaskan bahwa untuk seleksi yang berlangsung selama pandemi ini, mereka tetap berpegangan pada standar protokol kesehatan.

Mekanisme dalam pendaftaran masih mengutamakan sistem online dan kegiatan tatap muka hanya berlangsung saat turnamen seleksi.

Sebelum pelaksanaan tatap muka, penyelenggara juga sudah secara khusus melakukan antigen terhadap peserta sehingga apabila reaktif terpaksa tidak bisa mengikuti proses seleksi.

"Sebelum seleksi, peserta juga sudah kami antigen semua. Apabila ada yang reaktif langsung kami pulangkan untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan," ucapnya.

Baca juga: NEWS VIDEO PS Penajam Utama U-15 dan U-17 Asal PPU Wakili Kaltim di Piala Soeratin 2020

Pandi Widiarto berharap agar di bawah pengurusan Askab PSSI yang baru ini, cabor sepakbola di Kutim dapat semakin berkembang maju dan inovatif bagi putra-putri daerah pecinta sepakbola.

Ia juga mengharapkan agar nantinya Kutai Timur juga bisa menggaet prestasi di cabor ini baik di tingkat provinsi bahkan hingga Nasional.

Sementara itu, Ketua Askab PSSI Kutim, Kasmidi Bulang menjelaskan bahwa ijin kegiatan Liga 3 dan Piala Soeratin telah diserahkan kepada Askab Kabupaten Kota sehingga perlu dilanjutkan prosesnya.

"Jadi ternyata izin dari pada kegiatan Liga 3 dan Piala Soeratin itu ada diserahkan kepada Askab kabupaten kota Provinsi," ujarnya.

Oleh sebab itu, pria yang merupakan Wakil Bupati Kutim tersebut meyakini Kutai Timur juga harus mengikuti tahapannya.

Baca juga: Prestasi Kaltim di Piala Soeratin Terus Alami Peningkatan, Pernah Sekali Juara

Ia juga berterima kasih kepada pengurus dan penyelenggara seleksi Liga 3 dan Piala Soeratin yang tengah melangsungkan kegiatan ini sampai akhir Agustus 2021 mendatang.

Dipastikan tahapan seleksi menggunakan protokol kesehatan yang ketat guna mencegah adanya penularan Covid-19 selama kegiatan berlangsung.

Kasmidi Bulang percaya dengan bangkitnya cabor sepakbola di Kutai Timur melalui kehadiran di ajang Liga 3 dan Piala Soeratin dapat menjadi salah satu promosi potensi putra-putri daerah.

"Ini bagian dari promosi daerah juga ya, potensi-potensi anak muda Kutai Timur terhadap cabor sepakbola yang harus kita kembangkan," tuturnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved