Breaking News:

Berita Kukar Terkini

Pasca Kebakaran di Lapas Tangerang, Lembaga Pemasyarakatan di Tenggarong Cek Instalasi Listrik

Insiden kebakaran di Lapas Klas I Tangerang pada Rabu (8/9/2021) menewaskan 41 warga binaan yang terkunci dalam blok hunian menjadi pelajaran berharga

Penulis: Aris Joni | Editor: Mathias Masan Ola
TRIBUNKALTIM.CO/ARIS JONI
Kegiatan pengecekan instalasi listrik di Lapas Tenggarong usai tragedi yang merenggut 41 nyawa wargan binaan di Lapas Tangerang beberapa waktu lalu.  TRIBUNKALTIM.CO/ARIS JONI 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Insiden kebakaran di Lapas Klas I Tangerang pada Rabu (8/9/2021) menewaskan 41 warga binaan yang terkunci dalam blok hunian menjadi pelajaran berharga.

Beberapa Lapas di Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kini mulai meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi terjadinya kebakaran di dalam Lapas.

Seperti yang dilakukan Lapas Klas IIA Tenggarong dan Lapas Perempuan Klas IIA Tenggarong yang langsung meningkatkan kewaspadaanya dengan beberapa atensi pencegahan kebakaran.

Misalnya pengecekan jalur instalasi listrik dan rutin mengecek dapur umum atau ruang masak karena objek-objek tersebut dinilai rawan kebakaran.

Kepala Lapas Klas IIA Tenggarong, Agus Dwirijanto mengungkapkan, pasca insiden tersebut, jajarannya langsung mengambil langkah cepat dengan melakukan pengecekan instalasi listrik pada area blok dan gedung kantor.

Baca juga: KABAR BARU Pasca Kebakaran Lapas Tangerang, Temukan Unsur Kelalaian, Polisi Akan Tetapkan Tersangka

Baca juga: NEWS VIDEO Kisah Pilu Ibu dari Korban Kebakaran Lapas Tangerang

Baca juga: NEWS VIDEO Ibu Pingsan Berkali-kali saat Prosesi Pemakaman Korban Kebakaran Lapas Tangerang

Kegiatan tersebut merupakan respon atas musibah yang terjadi di Lapas Kelas I Tangerang.

"Sebelumnya kami juga telah melaksanakan perbaikan jalur instalasi listrik seluruh blok dan kamar hunian pada bulan Agustus 2021, dan kegiatan kontrol ini juga bertujuan apakah terjadi kerusakan pada jalur instalasi,” ujarnya. Sabtu, (11/9/2021).

Lanjut dia, hasil dari kegiatan tersebut tidak ditemukan kerusakan pada jalur instalasi listrik di blok maupun di dalam kamar hunian.

Bahkan dengan jumlah hunian yang over crowded serta kondisi bangunan yang tidak sebanding dengan jumlah penghuni saat ini, dia tetap berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik bagi warga binaan termasuk dalam rangka menciptakan kamar hunian yang layak semaksimal mungkin.

"Menyikapi musibah di Lapas Tangerang, saya atas nama pribadi dan institusi mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya 41 warga binaan dan mendoakan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan kesabaran,” ucapnya.

Baca juga: Kebakaran Lapas Tangerang Renggut 41 Nyawa, Anggota Komisi III Minta Menkumham Tanggung Jawab

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved