Breaking News:

Berita Nasional Terkini

Kinerja KPK Tahun 2021 Dinilai Buruk oleh ICW

Kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) Tahun 2021 dinilai buruk oleh Indonesia Corruption Watch alias ICW.

Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Ilustrasi KPK. Kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) Tahun 2021 dinilai buruk oleh Indonesia Corruption Watch alias ICW. 

TRIBUNKALTIM.CO - Kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) Tahun 2021 dinilai buruk oleh Indonesia Corruption Watch alias ICW.

Indonesia Corruption Watch merilis data terbaru mereka dalam hal penilaian kerja KPK tangani kasus korupsi di semester I tahun 2021.

Penilaian buruk itu bukan tanpa dasar disematka ICW.

Dari data ICW tersebut KPK hanya mampu merealisasikan 22 persen dari total target penindakan korupsi sepanjang semester I 2021.

Sementara target penanganan kasus korupsi oleh KPK pada semester I sebanyak 60 kasus.

"Dan itu membawa KPK masuk dalam penilaian di kategori D atau buruk,” kata peneliti ICW, Lalola Easter, dalam konferensi pers yang disiarkan di channel Youtube Sahabat ICW, Minggu (12/9/2021) dilansir Tribunnews.com.

Terkait dengan kualitas penanganan kasus, menurut ICW, perkara yang ditangani KPK berasal dari operasi tangkap tangan (OTT), pengembangan kasus, dan penyidikan baru.

Baca juga: Mantan Bupati Kutim Ismunandar Ditahan di Lapas Tangerang, KPK Sebut tak ada Korban Napi Korupsi

Baca juga: Jabar Peringkat 1 Penyumbang Kasus Korupsi, Ketua KPK Ingatkan Anggota DPRD soal Titik Paling Rawan

Baca juga: 239 Anggota DPR RI Belum Lapor Harta Kekayaan ke KPK, Pandemi Covid-19 dan WFH Jadi Alasan

"Dari OTT hanya ada satu, pengembangan kasus ada tiga kasus, dan kasus baru yang disidik pada tahun 2021 hanya sembilan kasus," kata Lalola.

Dia merinci masalah tes wawasan kebangsaan (TWK) turut berdampak pada kinerja penindakan kasus korupsi yang dilakukan KPK pada 1 Januari hingga 30 Juni 2021.

Dari catatan ICW, sebanyak 13 kasus yang ditangani selama semester pertama, lima di antaranya dikerjakan pegawai atau penyidik yang diberhentikan melalui TWK.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved