Breaking News:

Berita Berau Terkini

Kebakaran di Berau Hanguskan 7 Bangunan, Kerugian Ditaksir Capai Rp 750 Juta

Sebuah rumah di RT 1, Kelurahan Sambaliung diduga menjadi sumber kebakaran yang menghanguskan 6 bangunan lain. Peristiwa kebakaran tersebut terjadi,

Penulis: Renata Andini Pengesti | Editor: Rahmad Taufiq
HO/BPBD BERAU
Tujuh rumah bangsal hangus terbakar, Rabu (15/9/2021) tadi pagi, warga ikut membantu untuk memadamkan api. HO/BPBD BERAU 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Sebuah rumah di RT 1, Kelurahan Sambaliung diduga menjadi sumber kebakaran yang menghanguskan 6 bangunan lain.

Peristiwa kebakaran tersebut terjadi, Rabu (15/9/2021) sekitar pukul 06.00 WITA.

Kepala Seksi Kedaruratan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Berau, Askar menjelaskan, setelah mendapat laporan dari warga, pihaknya langsung menurunkan petugas pemadam kebakaran ke lokasi kejadian.

"Kami menurunkan delapan unit mobil pemadam kebakaran dari posko Tanjung Redeb dan satu unit damkar posko Sambaliung," jelasnya kepada TribunKaltim.co.

Pihaknya menghadapi kendala dari segi lokasi kebakaran yang berada pada permukiman padat penduduk dan di dalam gang, sehingga menyulitkan unit pemadam untuk mendekati lokasi kejadian.

Baca juga: Dalami Dugaan Kelalaian Peristiwa Kebakaran di Lapas Tangerang, Polri: akan Ada Tersangka

Baca juga: Pemilik ke Kamar Mandi, Kedai Kopi di Samarinda Nyaris Terbakar

Baca juga: Diduga Tabung Gas Bocor, Warung Makan di Samarinda Terbakar, Daftar Nama 14 Korban Luka Bakar

"Lokasi rumah juga rapat-rapat di situ dan banyak yang rumahnya dari kayu, selain kita yang kesulitan untuk menuju lokasi, api juga dengan cepat menyebar," tambahnya.

Dikemukakan Azkar, kendala lainnya adalah sentral pengisian air yang ada di markas pusat sedang bermasalah, sehingga pihaknya terpaksa mengisinya dengan air sungai.

"Beruntung air sungai tadi sedang pasang, kalau surut kami pasti lebih kesulitan," bebernya.

Terpisah, Kapolsek Sambaliung, AKP Budi Watikno menjelaskan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian materi ditaksir mencapai Rp 750 juta.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, tetapi enam rumah dan satu bangsalan 7 pintu ludes terbakar," ungkapnya.

Dugaan sementara kebakaran terjadi akibat korsleting listrik dari sebuah rumah yang sudah tiga hari ditinggal pemiliknya.

Perwira balok tiga di pundak ini menambahkan, pihaknya langsung melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) usai dilakukan pendinginan oleh petugas pemadam kebakaran.

Baca juga: Satu Rumah di Kelurahan Panji Kecamatan Tenggarong Kutai Kartanegara Terbakar 

"Langkah yang kita lakukan selanjutnya sudah pasti memeriksa lokasi kejadian dan memeriksa para saksi untuk menemukan penyebab pasti dari kebakaran," tuturnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved