Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Kukar Mampu Penuhi Kebutuhan Pangan IKN, Bupati dan Pangdam Panen Raya di Tenggarong Seberang

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah menerima kunjungan Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto sekaligus melakukan panen raya tomat,

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah bersama Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto saat panen raya tomat, padi sawah, dan ikan di kawasan terpadu Desa Mandiri Tanjung Batu, Kecamatan Tenggarong Seberang. 

TRIBUNKALTIM.CO - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah menerima kunjungan Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto sekaligus melakukan panen raya tomat, padi sawah dan panen ikan di kawasan terpadu Desa Mandiri, Tanjung Batu, Kecamatan Tenggarong Seberang, pekan tadi.

Kunjungan Pangdam dirangkai peninjauan pos-pos kegiatan terpadu Desa Mandiri dan pemberian vaksinasi kepada masyarakat Desa Tanjung Batu.

Baca juga: Wabup Apresiasi Santunan Rp 1 Miliar dari BPJS-TK, Diserahkan pada Ahli Waris Pegawai Non-ASN

Pangdam Heri Wiranto dalam keterangan persnya mengatakan, dirinya punya ekspektasi tinggi terhadap lahan tersebut, namun kendala yang dihadapi tidaklah mudah.

Diperlukan kerja keras semua unsur yang terlibat, akhirnya bisa dilihat hasilnya sekarang ini.

"Ini luar biasa. Saya mengikuti dari awal ini. Pak Bupati monitor terus dan dikerjakan oleh Danrem, Dandim serta seluruh unsur-unsur Kodim. Kendalanya cukup banyak, kondisi lahan, tanah dan hama. Namun hari ini kita melaksanakan panen raya istilahnya atau panen perdana padi dan beberapa tanaman hortikultura," ujarnya.

Ini semua bisa terwujud tidak lepas dari kerja keras semua pihak, unsur Kodim, Pemkab Kukar dalam hal ini Dinas Pertanian dan Kelompok Tani Desa Tanjung Batu.

Pangdam juga mengapresiasi pada Pemkab Kukar beserta jajaran Forkopimda, Pemerintah Desa Tanjung Batu dan para anggota kelompok tani yang telah bekerja keras demi mewujudkan Desa Mandiri.

Sementara itu Bupati Edi Damansyah mengungkapkan, dimanfaatkannya kawasan Desa Tanjung Batu ini atas dorongan kebijakan Pangdam VI Mulawarman, Korem dan Kodim 0906 menjadi lokasi salah satu program nasional cadangan pangan melalui program Desa Sinergi Hijau.

Ada 460 ha lebih kurang yang direncanakan telah dibuka menjadi kawasan terpadu, baik itu pertanian padi sawah, hortikultura, peternakan dan kolam ikan.

Baca juga: Bupati Ikut Rapat Koordinasi Evaluasi PPKM, Sampaikan Kekurangan Dosis Vaksin ke Pusat

Keberhasilan ini akan menjadi percontohan beberapa desa di Kukar, untuk didorong menjadi pilot project-nya, karena kawasan terpadu pertanian ini seiring kebijakan Pemkab Kukar 2021-2026 salah satu fokusnya di bidang pertanian dalam arti luas.

"Mimpi besar kita, rencana kebijakan pemerintah pemindahan ibu kota negara (IKN) ke Samboja dan PPU nanti, kebutuhan pokoknya harus disuplai dari dalam sendiri. Ini rencana besar kami di kabupaten, sehingga salah satu kebijakan Pemkab Kukar pembangunan pertanian dalam arti luas," ungkap Edi.

Bupati Edi berpesan kepada kepala desa dan masyarakat Desa Tanjung Batu, kawasan terpadu ini selain sebagai kawasan pengembangan pertanian, juga sebagai kawasan pembelajaran bagi masyarakat petani. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved