Breaking News:

Berita Kubar Terkini

SMP Negeri 4 Ngenyan Ada di Kubar Siap Terapkan ANBK Awal Oktober Nanti

Penerapan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) secara serentak tahun 2021 ini rencananya mulai diberlakukan di tiap-tiap sekolah.

Penulis: Zainul | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL MARSYAFI
Pelaksanaan simulasi atau kegiatan pra Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang dilaksanakan di SMP 4 Ngenyan Asa, Kutai Barat. TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL MARSYAFI 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - Penerapan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) secara serentak tahun 2021 ini rencananya mulai diberlakukan di tiap-tiap sekolah.

ANBK ini juga disebut-sebut sebagai pengganti Ujian Nasional Berbasis Kompetensi (UNBK) yang saat ini masih dilaksanakan di sekolah-sekolah.

Salah satu sekolah di Kutai Barat yang dinyatakan siap menerapkan ANBK tahun ini adalah SMP 4 Negeri Ngenyan Asa, Kecamatan Barong Tongkok

ANBK ditujukan untuk mengukur kemampuan siswa khususnya di bidang akademik.

Daniel Dano, Kepala SMP Negeri 4 Ngenyan Asa mengatakan, kesiapan sekolahnya itu dibuktikan setelah sukses menggelar simulasi ANBK yang didukung dengan ketersediaan fasilitas komputer yang memadai.

Baca juga: Siswa SMP di Kutai Barat Ikut Simulasi ANBK

Baca juga: Simulasi ANBK di MTs Negeri 1 Balikpapan Dilaksanakan secara Tatap Muka Langsung

Baca juga: PTM di Kutai Barat, Sekolah Wajib Dapat Rekomendasi dan Menerapkan Prokes Ketat

"ANBK yang dilaksanakan sekarang ini untuk mengukur kemampuan siswa dalam bidang akademik. Jadi belum digunakan sebagai standar kelulusan. Kita juga masih tunggu seperti apa kedepannya," kata Daniel, Kamis (23/9).

Seluruh sekolah di Kubar termasuk SMP Negeri 4 Ngenyan Asa saat ini juga sudah menyelesaikan pra-ANBK beberapa waktu lalu. Sebelum nantinya pada awal bulan Oktober 2021 dilangsungkan secara serentak. 

"Sudah kita lakukan semacam simulasi dan juga gladi bersihnya pekan lalu. Jadi kita sudah siap melaksanakannya pada awal bulan Oktober nanti sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan," jelasnya.

Lebih lanjut, ANBK yang akan dilakukan ini masih bersifat random/acak bagi para siswa.

Sebab tidak seluruh siswa mengikutinya, yang mana pelaksanaan ANBK ini di khususkan bagi siswa yang berada di kelas VIII untuk tingkat SMP, kelas V di tingkat SD dan kelas XI di tingkat SMA.

"Seperti di SMP 4, tidak seluruhnya siswa mengikuti. Hanya 45 orang siswa dan 5 orang cadangan yang dipilih secara acak dari pusat sebagai koresponden," tambahnya.

Dalam kegiatan pra ANBK ataupun simulasi yang dilaksanakan SMP Negeri 4 Ngenyan Asa selama dua hari tersebut.

Daniel mengatakan bahwa berjalan dengan lancar, meskipun pada hari pertama pelaksanaan mengalami kendala dalam hal jaringan internet, namun untuk hal lainnya saat pelaksanaan awal bulan Oktober nanti semua disiapkan.

Baca juga: Madrasah di Kutai Timur Siap PTM, Kemenag Ungkap 28 Satuan Pendidikan Kirim Permohonan Rekomendasi

"Ya harapan kita semoga nanti bisa berjalan dengan lancar. Khususnya untuk jaringan internet, ini yang menjadi kekhawatiran utama.

Apalagi saat ini juga jaringan internet sering mengalami gangguan. Kita juga akui, untuk jaringan internet ini kita tidak bisa berbuat banyak dan mempersiapkan apa-apa," jelasnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved