Breaking News:

Virus Corona di Berau

Bantu Program Pemerintah, PMI Berau Bekerjasama Dinkes Gelar Vaksinasi di Pulau Derawan

Dinas Kesehatan Berau melalui Puskesmas Pulau Derawan dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Berau menggelar vaksinasi untuk warga Pulau Derawan

Penulis: Ikbal Nurkarim | Editor: Mathias Masan Ola
TRIBUNKALTIM.CO/IKBAL NURKARIM
Ketua PMI Kabupaten Berau Agus Tamtomo didampingi koordinator vaksinasi Pulau Derawan Hadiantoni meninjau langsung proses vaksinasi yang dilakukan di Puskesmas Pulau Derawan, Sabtu (2/10/2021). TRIBUNKALTIM.CO/IKBAL NURKARIM 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Dinas Kesehatan Berau melalui Puskesmas Pulau Derawan dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Berau menggelar vaksinasi untuk warga Pulau Derawan.

Vaksinasi yang menyasar masyarakat yang berada di pesisir tersebut dilakukan untuk membantu pemerintah mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok.

Selain lansia dan orang dewasa vaksinasi yang dilakukan PMI Kabupaten Berau juga menyasar para pelajar maupun nelayan dan pemandu wisata.

Ketua PMI Berau Agus Tamtomo mengatakan pulau Derawan pertama kali dilakukan PMI untuk vaksinasi di luar kota atau Kecamatan Tanjung Redeb.

"Kami membantu program pemerintah mencapai target vaksinasi terlebih selama ini program vaksinasi masih belum cukup merata masih banyak terpusat di daerah perkotaan," kata Agus Tantomo.

Baca juga: PMI Berau Butuh Donor Segera, Tersisa Kini Hanya yang Golongan A Saja

Baca juga: PMI Berau Tidak Bisa Terima Calon Pendonor Usai Vaksinasi Tahap Pertama, Walaupun Stok Darurat

Baca juga: Skenario PMI Berau Jaga Ketersediaan Darah, Telepon Relawan yang Sudah Terdata

"Maka dari itu PMI bekerjasama dengan Dinas Kesehatan coba melakukan vaksinasi massal di luar kota kebetulan hari ini dilakukan di Pulau Derawan dan jika Dinas Kesehatan masih percaya, kita siap membantu vaksinasi di daerah terpencil," jelas Mantan Bupati Berau itu.

Sebelumnya vaksinasi juga telah di pemerintah Kabupaten Berau untuk masyarakat pulau Derawan sehingga PMI menyasar masyarakat yang belum vaksin atau penyintas covid yang belum divaksin.

"Di sini sebenarnya sudah dilakukan vaksinasi kalau menurut keterangan pihak Puskesmas tadi ada kurang lebih 400 warga sudah di vaksin," imbuhnya.

"Kebetulan saat vaksinasi beberapa waktu lalu masih ada yang belum sempat sehingga kita lakukan vaksinasi untuk sisa-sisanya saja lagi juga kebetulan waktu mereka vaksin dulu belum dibolehkan untuk pelajar, karena sekarang sudah ada aturan baru hari ini kita juga targetkan untuk para pelajar," pungkasnya.

Agus menambahkan vaksin yang disiapkan ada sekitar 85 vial dengan estimasi dua kali penyuntikan.

Baca juga: Kejar Target Kekebalan Komunal di Berau Secepatnya, 500 Dosis Vaksin Disiapkan untuk Umum & Pelajar

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved