Breaking News:

Tinjau Pembangunan Dermaga Teluk Sulaiman, Wabup Berau Sebut Bisa Digunakan 2024 Mendatang

Pengerjaan pembangunan Dermaga Teluk Sulaiman di Kecamatan Biduk-biduk terus berjalan hingga saat ini.

Tribun Kaltim/Renata Andini Pangesti
Wakil Bupati Berau, Gamalis saat meninjau langsung progres pembangunan Dermaga Teluk Sulaiman di Kecamatan Biduk-biduk, Kamis (7/10/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO - Pengerjaan pembangunan Dermaga Teluk Sulaiman di Kecamatan Biduk-biduk terus berjalan hingga saat ini.

Saat ini progres pengerjaan telah mencapai 46 persen dan ditarget selesai pada tahun 2024 dari target awal, yakni tahun 2023.

Pembangunan Dermaga Teluk Sulaiman dilakukan Dinas Perhubungan secara bertahap.

Baca juga: Kembangkan Destinasi Wisata Baru, Wabup Berau Apresiasi Inovasi Kampung Dumaring

Pada tahap pertama, Dinas Perhubungan Kabupaten Berau mengalokasikan anggaran senilai Rp 11 miliar dari total anggaran yang diperlukan Rp 55 miliar.

Wakil Bupati Berau, Gamalis saat meninjau langsung progres pembangunan Dermaga Teluk Sulaiman menegaskan, dermaga bisa digunakan masyarakat pada tahun 2024 dari target awal rampung pada tahun 2023.

"Seharusnya pada tahun 2023 sudah ready dan bisa kita gunakan untuk masyarakat, namun adanya pemotongan atau refocusing akhirnya bergeser ke tahun 2024," jelas Gamalis ke TribunKaltim.co, Kamis (7/10/2021).

"Sekarang pembangunannya sudah mencapai 46 persen mulai dari sarana dan prasarana yang ada dengan tambahan anggaran saat ini Rp 18 miliar. Harapannya ke depan ada tambahan anggaran lagi dari total anggaran kurang lebih Rp 55 miliar yang kita butuhkan," tuturnya.

Baca juga: Dinas Pendidikan Berau Pastikan Sekolah yang Sudah Gelar PTM Penuhi Persyaratan Prokes

Dirinya pun berharap agar pembangunan dermaga bisa terus berlanjut, apalagi ada bantuan dari pemerintah provinsi melalui bantuan keuangan atau Bankeu.

Hal ini mengingat Dermaga Teluk Sulaiman memiliki banyak manfaat.

Untuk jangka panjangnya digunakan untuk mobilitas kegiatan masyarakat pesisir di Kabupaten Berau tersebut.

"Tentunya kita berharap dapat Bankeu dari provinsi maupun pemerintah pusat agar pelaksanaan pembangunan sesuai perencanaan awal," pungkasnya.

"Pelabuhan seperti ini sayang jika perencanaan tidak diperuntukkan untuk jangka panjang. Jika Pelabuhan Teluk Sulaiman ini jadi, maka akan jadi pelabuhan multi. Tidak hanya hanya untuk wisata, tapi juga untuk keperluan lainnya," jelasnya.

Baca juga: Kemenag Berau Belum Bisa Pastikan Kapan Masyarakat Bisa Laksanakan Ibadah Umrah

Wabup Berau pun berharap, ke depannya akan melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat agar bisa mendapat bantuan dalam penyelesaian pembangunan dermaga Teluk Sulaiman.

"Sampai saat ini, kita belum komunikasi dengan kementerian terkait. Masih berharap dari Bankeu provinsi. Melihat kondisi saat ini ada penyusutan, sehingga tidak ada salahnya kita lakukan lobi ke pusat," katanya.

"Karena ini juga bagian dari program pembangunan presiden terkait tol laut. Jadi sementara ini pendanaan masih kolaborasi APBD kabupaten dan provinsi terkait pembangunan dermaga Teluk Sulaiman," tutupnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved