Breaking News:

Berita Kodam VI Mulawarman

Mengabdi untuk Negeri, Kodam VI Mulawarman Gelar TMMD ke-112 di Desa Rantau Keminting

Menempuh jarak kurang lebih 330 km dengan waktu tempuh 7 jam 45 menit dari Markas Kodam VI Mulawarman sampailah di Desa Rantau Keminting, Kecamatan

Editor: Diah Anggraeni
HO/Kodam VI Mulawarman
Kapendam VI Mulawarman Kolonel Inf Taufik Hanif. 

TRIBUNKALTIM.CO - Menempuh jarak kurang lebih 330 km dengan waktu tempuh 7 jam 45 menit dari Markas Kodam VI Mulawarman sampailah di Desa Rantau Keminting, Kecamatan Labuan Amas, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan, yang merupakan desa target kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 Kodim 1002/HST.

Terlihat jelas bahwa hamparan luas lahan yang berada dekat dengan tempat tinggal warga setempat merupakan lahan pertanian dan perkebunan yang digunakan warga untuk bertahan hidup.

Pandemi Covid-19 yang tidak kunjung berakhir membatasi aktivitas penggarapan lahan untuk pertanian dan perkebunan.

Ditambah dengan jalan penghubung lahan dengan permukiman warga yang kurang memadai, juga menjadi penghambat transportasi untuk memanen hasil pertanian dan perkebunan dengan skala besar.

Baca juga: Kodam VI Mulawarman Komitmen Sukseskan Program Vaksinasi Nasional

Warga Desa Rantau Keminting menyambut dengan gembira dengan adanya program TMMD Ke-112 Tahun 2021.

Pasalnya, selain membangun satu rumah warga dan satu tempat ibadah, kegiatan yang digagas Tentara Nasional Indonesia dan pemerintahan daerah ini juga membangun jalan yang merupakan prasarana yang dapat memudahkan warga untuk mengangkut hasil panen dengan skala besar.

Bukan tanpa alasan, pertimbangan Komando Atas memilih Desa ini bisa ditinjau dari dua aspek, yaitu aspek pertahanan yang memfokuskan pada jalur logistik untuk dukungan operasi pasukan, juga dalam rangka mengoptimalkan kapasitas Desa Rantau Keminting sebagai Daerah Pusat Logistik (Pertanian dan Perkebunan).

Aspek lainnya adalah, karena dislokasi desa ini diharapkan TMMD ke-112 mampu untuk meningkatkan kesejahteraan dengan cara membuka dan meningkatkan akses lahan ketahanan pangan.

Satgas TMMD Ke-112 Kodim 1002/HST memliki target pembuatan siring badan jalan dan pengerasan badan jalan sepanjang 1.725 meter.

Baca juga: Kodam VI/Mulawarman dan Polda Kaltim Upacara Peringatan HUT ke 76 TNI di Balikpapan

Perbaikan 2 unit jembatan yang berada di sepanjang jalan serta pembangunan 1 unit musala serta pembangunan 1 unit rumah warga.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved