Breaking News:

Berita Penajam Terkini

Banjir Kiriman Landa Desa Sumber Sari di PPU, Warga Mulai Terserang Gatal-Gatal dan Diare

Banjir yang melanda Desa Sumber Sari, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) sejak Kamis (7/10/2021) hingga

Penulis: Dian Mulia Sari | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/DIAN MULIA SARI
Kepala Dinas Kesehatan PPU, dr Jansje Grace Makisurat dan Wakil Bupati PPU, Hamdam meninjau pengungsi di gedung serba guna Desa Sumber Sari. TRIBUNKALTIM.CO/DIAN MULIA SARI 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Banjir yang melanda Desa Sumber Sari, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) sejak Kamis (7/10/2021) hingga saat ini, menyebabkan warga mengalami penyakit gatal-gatal pada kulit.

Kepala Dinas Kesehatan PPU dr. Jansje Grace Makisurat mengatakan saat ini kondisi kesehatan warga terdampak banjir di Desa Sumber Sari hanya mengalami gatal-gatal pada kulit.

"Saya ngecek di posko pembantu masih normal. Belum ada lonjakan, tapi sudah mulai ada beberapa penyakit pasca banjir, seperti gatal-gatal, kalau diare belum ada," ujar dr. Grace, Rabu (13/10/2021).

Grace mengemukakan, biasanya penyakit yang dihadapi oleh masyarakat pasca banjir adalah gatal-gatal dan diare.

Mantan Direktur RSUD Ratu Aji Putri Botung itu mengatakan, untuk mengatasi diare dan kulit gatal akibat banjir itu, pihaknya menginstruksikan kepada perawat atau nakes untuk selalu berjaga demi memantau kondisi masyarakat terdampak banjir.

Baca juga: 50 Ha Lahan Pertanian di Babulu Penajam Paser Utara Terancam Gagal Panen Akibat Banjir dari Longkali

Baca juga: Wakil Bupati PPU Tinjau Banjir di Desa Sumber Sari Babulu, Hamdam: Kami Turut Prihatin

Baca juga: Banjir di Babulu, Wabup Penajam Paser Utara Ingatkan Kemungkinan Air Tambah Tinggi

"Mereka stand by selama 24 jam, dibantu dari induk saja, mereka bergiliran yang dari induk berjaga di sini," ujarnya.

Menurut data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) PPU pada Selasa (12/10/2021) malam, sebanyak 1.545 jiwa tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya.

Dari total tersebut, sebanyak 115 jiwa mengungsi. Mereka mengungsi di rumah keluarga, di Gedung Serbaguna Desa Sumber Sari, di pasar, di Posyandu dan Puskesmas Pembantu Sumber Sari.

Banjir terjadi sejak Kamis (7/10/2021) lalu dan melumpuhkan aktivitas masyarakat di desa setempat hingga saat ini.

Banjir disebabkan oleh air kiriman dari banjir yang terjadi di Kecamatan Longkali, Kabupaten Paser pada Senin (4/10/2021) lalu. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved