Breaking News:

Berita Paser Terkini

Damkar Paser Beri Pelatihan Peningkatan Kapasitas Petugas di Belengkong dalam Tangani Kebakaran

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Paser memberikan pelatihan peningkatan kapasitas petugas pemadam kebakaran di Kecamatan Paser Belengkong, K

Penulis: Syaifullah Ibrahim | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM
Pemaparan materi dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Paser dalam pelatihan peningkatan kapasitas petugas pemadam kebakaran di Kecamatan Paser Belengkong, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Kamis (14/10/2021). TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Paser memberikan pelatihan peningkatan kapasitas petugas pemadam kebakaran di Kecamatan Paser Belengkong, Kamis (14/10/2021).

Seperti diketahui, kejadian bencana kebakaran tidak bisa diduga-duga dan tak siapapun menginginkannya. 

Camat Paser Belengkong, Arbainsyah menjelaskan pembekalan peningkatan kapasitas ini, petugas minimal memahami penggunaan alat pemadaman.

"Anggota yang hadir, dapat menerima dan menyerap pembelajaran yang diberikan oleh petugas pemadam kebakaran dan BPBD," terangnya.

Ke depannya, Arbainsyah mengharapkan dapat terbentuk relawan Masyarakat Peduli Api (MPA) sampai pada tingkat desa.

Baca juga: Titik Api Diketahui dari Gudang Sepatu, Disdamkar Samarinda Pasang Blower untuk Hilangkan Asap

Baca juga: Kesulitan Lepas Cincin hingga Jari Bengkak, Pemuda di Samarinda Minta Bantuan Disdamkar

Baca juga: Mitigasi Bencana Kebakaran di Rutan Tanah Grogot, Damkar Peragakan Cara Padamkan Api Pakai APAR

Masalah kebencanaan seperti kebakaran hutan dan lahan hampir terjadi tiap tahunnya, yang mesti diantisipasi oleh semua pihak untuk penanganannya.

"Jika hanya BPDB dan Damkar yang bekerja maka akan sulit, diperlukan semua sumber daya untuk sama-sama menangani, minimal petugas di lapangan dapat memfungsikan fasilitas yang ada," jelas Camat Paser Belengkong.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Paser, Lukman Darma melalui Kabid Pencegahan dan Pelatihan Dinas Pemadam Kebakaran Paser Muhammad Arully menuturkan peningkatan jumlah penduduk tidak selaras dengan jumlah petugas.

"Peningkatan jumlah penduduk, secara tidak langsung juga berimbas pada peningkatan jumlah perumahan, permukiman, serta pembangunan fasilitas gedung, baik untuk perkantoran maupun perdagangan," tuturnya.

Namun, terkadang kondisi tersebut belum bisa diimbangi dengan ketersediaan sarana dan prasarana mitigasi pemadam kebakaran.

Ditambah dengan jumlah personel pemadam kebakaran yang masih terbatas, jika dibandingkan dengan rasio luas layanan wilayah Kabupaten Paser.

Ke depannya, relawan Masyarakat Peduli Api (MPA) diharapkan dapat membantu pemadaman kebakaran ke desa-desa.

Baca juga: Lapas Narkotika dan Disdamkar Samarinda Gelar Simulasi Kebakaran Bagi Seluruh Petugas

"Jika terjadi kebakaran ditempat mereka, MPA dapat membantu penanganan sejak dini sebelum petugas turun ke lapangan, dengan artian ada upaya pemadaman dini yang dilakukan," beber Arully.

Namun, sebagai petugas Damkar tentunya telah dibekali dengan pelatihan terkait penanganan jika terjadi kebakaran, untuk itu ilmu tersebut dapat diterapkan, baik itu dalam kondisi ketika terjadi kebakaran maupun memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai langkah-langkah yang diambil jika kebakaran terjadi.

"Sebagai petugas pemadam kebakaran tentu dituntut harus cakap dan tanggap dalam menjalankan tugas dan fungsinya," ucap Arully. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved