Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

750 PKL dan Warung Terima BTPKLW, Disalurkan Kodim 0907 Tarakan, Satu KK Dijatah Rp 1,2 Juta

Kegiatan penyaluran Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) perdana digelar di Kodim 0907 Tarakan, Jumat (15/10/2021) hari ini.

TRIBUNKALTIM.CO/ANDI PAUSIAH
Kegiatan penyaluran Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) di Kodim 0907 Tarakan, Jumat (15/10/2021). TRIBUNKALTIM.CO/ANDI PAUSIAH 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN – Kegiatan penyaluran Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) perdana digelar di Kodim 0907 Tarakan, Jumat (15/10/2021) hari ini.

Total bantuan per penerima BTPKLW sebesar Rp 1,2 juta per kepala keluarga (KK). Jumlah yang disalurkan hari ini dikatakan Komandan Kodim atau Dandim 0907 Tarakan, Letkol Inf Reza Fajar Lesmana, penyaluran bantuan hari ini menyasar 750 orang penerima BTPKLW.

Memang awalnya kata Dandim, penyerahan atau penyalurannya dilakukan di awal Agustus 2021 kemarin. Namun karena ada birokrasi yang perlu diselesaikan bersama stakeholder lainnya atau instansi lainnya, barulah pada hari ini bisa direalisasikan.

Adapun kerja sama yang dilakukan yakni melibatkan BRI, KPPN, Dinsos Tarakan dan Disdagkop Tarakan.  Bantuan ini dikucurkan pemerintah untuk mengatasi dampak dari pandemi Covid-19 bagi pelaku usaha mikro yang belum menerima bantuan BPUM.

“Kami mendata bukan manual tapi memasukkan dalam aplikasi khusus yang disiapkan pemerintah,” bebernya. Selama pendataan pihaknya berkoordinasi dengan Disdagkop dan Dinsos Tarakan serta Polres Tarakan. Karena penyaluran ini bersamaan dengan kegiatan yang dilakukan Polres Tarakan.

Baca juga: Syarat Penerima Bantuan Tunai PKL dan Warung di Tarakan

Baca juga: Menko Airlangga Sebut Bantuan Tunai PKL dan Warung di Provinsi NTB Paling Cepat dan Tepat Sasaran

Baca juga: Menunggu Instruksi, Dandim dan Kapolres Tarakan Siap Distribusikan Bantuan Bagi PKL dan Warung

“Harus betul-betul selektif. Jangan sampai data di kami, masuk juga di Polres Tarakan,” ujarnya.Total 750 orang yang sudah didata oleh Babinsa di masing-masing kelurahan. Sesuai target awal untuk dialokasikan ke Tarakan.

“Di daerah lain ada sampai 4.000. Kalau di Kodim 0907 Tarakan, sementara data awal 750 orang dulu,” bebernya. Penyerahan dilakukan selama tiga hari yakni hari ini, kemudian Sabtu (16/10/2021) dan Senin (18/10/2021) mendatang.

“Jadi tiga tahap. Hari ini 200 orang, besok 300 orang, lalu Seninnya insyaAllah 250 orang,” jelasnya.

Dibutuhkan waktu sekitar satu bulan lamanya untuk mendata 750 orang penerima bantuan tersebut. “Masing-masing Koramil melalui Babinsa yang sudah ditunjuk itulah yang bertugas terjun ke lapagan melakukan pendataan manual,” pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved