Breaking News:

Berita Penajam Terkini

Gula Aren Desa Api-Api Diusulkan Masuk Retail Modern di Kabupaten PPU

Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) saat ini mulai meningkat

Penulis: Dian Mulia Sari | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/HO
Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Nurbayah.TRIBUNKALTIM.CO/HO 

TRIBUNKALTIM.CO,PENAJAM - Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) saat ini mulai meningkat.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindakop) PPU, berupaya membantu produk UMKM lokal agar dapat dijual di toko ritel modern yang tersebar di daerah ini.

Pasalnya, saat ini cukup banyak toko ritel modern yang mulai bermunculan di Benuo Taka.

Salah satunya adalah produk unggulan desa Api-Api, Kelurahan Waru, Kecamatan pelaku usaha Gula Aren dan KUB Aren Lesteri yaitu gula aren kristal masuk daftar produk yang diajukan di gerai ritel modern tersebut.

Baca juga: Tak Dapat Pembagian Kios, 300 Pedagang Swadaya Bangun Lapak Darurat di Pasar Baru Babulu PPU

Baca juga: Isran Noor Sebut PPU Dipilih Presiden Jadi IKN Tidak Ujuk-Ujuk, tapi karena Perjuangan dan Strategi

Baca juga: Dana Disdukcapil PPU Habis untuk Pelayanan Jemput Bola di 3 Kecamatan

"Alhamdulillah Dinas Perindagkop Kabupaten PPU memfasilitasi kerjasama UMKM dengan Retail moderen Alfamidi dan bersedia melanjutkan pemasaran produk unggulan tersebut dan akan menjangkau ke masyarakat Kabupate PPU meluas dan merata," tulis akun facebook Pemerintah desa Api-Api.

Saat dimintai keterangan, Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Nurbayah mengatakan, saat ini produk tersebut hanya menunggu instruksi dari pihak ritail meodern.

"Rencana mau di masukkan ke alfamidi. Cuman masih menunggu instruksi dari bos alfamidi baru bisa dimasukan," ujar Nurbayah, Jumat (15/10/2021).

Sebelumnya, Kepala Bidang (Kabid) Koperasi dan UKM Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskukmperindag) PPU Purwantara mengatakan, telah pihaknya telah berkoordinasi kepada pihak Indomaret dan Alfamidi yang tersebar di Kabupaten PPU untuk bekerja sama dengan UMKM lokal agar produk lokal dapat dijual di ritel modern.

Baca juga: Wakil Bupati PPU Tinjau Lokasi Banjir di Desa Sumber Sari, Sebut Banjir Periodik 20 Tahunan

"Ada 12 produk UMKM lokal yang kami ajukan ke toko ritel modern ini, sudah kami lakukan MoU dengan Indomaret dan Alfamidi yang ada di Kabupaten PPU," kata Purwantara.

Meski demikian dijelaskan lagi oleh Purwantara bahwa 12 produk UMKM tersebut masih akan dilakukan seleksi lagi oleh pelaku usaha ritel tersebut.

12 produk UMKM lokal tersebut diantaranya meliputi amplang, roti, gula merah dan produk-produk uanggulan PPU lainnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved