Breaking News:

Berita PPU Terkini

Berikut Persyaratan Produk UMKM Dapat Masuk Retail Modern di Kabupaten PPU

Para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tentunya berkeinginan , agar produk yang dihasilkan bisa terpampang rapi di etalase gerai ritail

Penulis: Dian Mulia Sari | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Kepala Bidang Koperasi Disperindagkop PPU, Purwantara.TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO 

TRIBUNKALTOM.CO,PENAJAM- Para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tentunya berkeinginan , agar produk yang dihasilkan bisa terpampang rapi di etalase gerai ritail modern.

Hal tersebut tentunya berdampak baik pada omzet pelaku usaha.

Dimana pemasaran dengan memajang produk di etalase gerai retail modern tentunya cukup efektif untuk meningkatkan omzet usaha.

Namun, yang perlu diketahui bahwa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha terhadap produknya agar apat diterima di retail modern cukup lumayan banyak yang harus dipersiapkan.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha.

Nah, apa saja yang harus dipenuhi oleh para pelaku usaha khusunya di Kabupaten PPU agar produk usahanya dapat masuk ke retail modern.

Baca juga: 9 Produk UMKM PPU yang Berhasil Masuk Retail Modern, Mulai Amplang Bandeng Hingga Abon Ikan Tuna

Baca juga: 9 Produk UMKM di Penajam Paser Utara Masuk Retail Modern, Siap Bersaing di Tingkat Nasional

Baca juga: Retail Modern di Penajam Paser Utara Mulai Marak, DPRD PPU Pertanyakan Izinnya

Berikut ulasan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindakop) PPU Kuncoro melalui Kepala Bidang Koperasi Disperindagkop PPU, Purwantara membocorkan beberapa syarat yang harus dipenuhi pelaku usaha.

Disebutkan Purwantara, pemilik usaha harus memiliki syarat halal, kemudian lengkap dengan izin produk industri rumah tangga (P-IRT), kemudian surat rekomendasi dari Disperindagkop setempat selain itu kemasan produk harus semenarik mungkin dan produksi produk tersebut terus berlanjut.

"Itu sebagain syarat dari Disperindagkop, nah kamu sebelumnya sudah mengajukan 13 produk UMKM, namun yang sudah keterima oleh retail medern ada 9 produk," ujar Purwantara, Selasa (9/11/2021).

Disebutkan Purwantara bahwa 13 produk unggulan kabupaten PPU tersebut sudah memenuhi syarat-syarat tersebut.

"Yang kami rekomendasikan itu udah memenuhi syarat sesuai dari permintaan retail tapi pihak reatail berhak memilih barang mana yang mau dipasarkan. Kalau udah dipilih baru mereka melakukan MOU," ujar Purwantara.

Baca juga: HIPMI PPU Sebut UMKM Sulit Penuhi Syarat untuk Pasarkan Produk di Retail Modern

Adapun sembilan produk UMKM unggulan yang masuk retail modern Alfamidi dan Indomaret antara lain meliputi Amplang PPU Haji Kasna, Keripik Tempe Sagu Mama Ema, Abon Ikan Tuna Pedas Mama Ema, Rahaya Jati Klanting, Cimi-Cimi Binar Rumput Laut, Haji Panca Amplang Ikan Bandeng, Arena Gula Aren Kristal, Tante Mel Stik Pedas, dan Amplang Ikan Bandeng Bu Kasma. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved