Berita Balikpapan Terkini

Olah Jelantah, Mitra Binaan Pertamina Cegah 1.500 Liter yang Cemari Lingkungan

Upaya kader mitra binaan Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan untuk mengurangi pencemaran lingkungan dari minyak

HO/KPI
Kegiatan pelatihan manajemen bank sampah dan apresiasi lomba kebersihan yang diselenggarakan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan di Kelurahan Margasari, Kecamatan Balikpapan Barat, Kota Balikpapan. HO/KPI 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Upaya kader mitra binaan Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan untuk mengurangi pencemaran lingkungan dari minyak jelantah terus menunjukkan hasil.

Sejak September 2019 sampai dengan November 2021, mitra binaan yang tergabung dalam kelompok Mariojela tersebut telah berhasil mengumpulkan sekitar 1.500 liter minyak jelantah.

"Program kerja yang dilaksanakan untuk anggota kelompok Mariojela sudah menunjukkan perkembangan yang cukup baik.

Peningkatan jumlah jelantah yang terkumpul menunjukkan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan serta bahaya membuang jelantah sembarangan ke perairan," ujar Area Manager Communication, Relations & CSR KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin pada kegiatan Pelatihan Bank Sampah dan Apresiasi Lomba Kebersihan di Gazebo Atas Air, Kelurahan Margasari.

Ely Chandra menjelaskan, program yang dilaksanakan tersebut merupakan program kerja yang sudah disusun bersama.

"Di awal tahun, bersama anggota kelompok, Pemerintah Kelurahan Margasari serta Dinas Lingkunan Hidup Kota Balikpapan, kita merencanakan beberapa program kerja di antaranya lomba kebersihan antar RT dan pelatihan manajemen Bank Sampah," jelas Ely Chandra pada siaran pers yang diterima TribunKaltim.co, Jumat (12/11/2021).

Baca juga: Kunjungi Cagar Budaya Rumah Dahor, Pertamina Ajak Siswa SMKN 2 Balikpapan Peduli Sejarah

Baca juga: Program Langit Biru Pertamina Dukung Balikpapan dan Bontang jadi Kota Terbersih di ASEAN

Baca juga: Pertamina Ajak Relawan Kampung Siaga Bencana di Balikpapan Latihan Pemadaman Api

Ia menyampaikan terima kasih kepada para kader yang sudah berusaha maksimal dalam menjalankan program tersebut.

"Meskipun secara ekonomi mungkin belum dirasa cukup besar namun partisipasi para kader telah berkontribusi nyata dalam pengurangan limbah jelantah dengan jumlah yang tidak sedikit. Semoga ke depannya program dan kegiatan ini bisa lebih bermanfaat untuk masyarakat," ujarnya.

Hal senada disampaikan oleh Lurah Margasari, Ride.

"Terima kasih atas partisipasi para kader yang sangat luar biasa. Semoga kontribusi kita semua dapat berkelanjutan dalam mendukung pengurangan limbah dan pencemaran lingkungan di sekitar Margasari. Selain itu semoga kegiatan ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat," kata Ride.

Sementara itu, Kabid Penataan Hukum dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan Nurlela Wati menyampaikan apresiasi Pertamina atas pelaksanaan program lingkungan di Kelurahan Margasari.

"Semoga ke depannya program ini semakin membantu dalam mengelola dan menjaga lingkungan sekitar. Segi ekonomi ini dapat dianggap sebagai bonus untuk para kader. Meskipun dari segi ekonomi masih belum maksimal namun kontribusi masyarakat dalam lingkungan hidup sudah luar biasa," tuturnya.

Baca juga: Pertamina Luncurkan Buku Wains Treasures, Memuat 200 Foto Flora dan Fauna di Hutan Lindung

Sebagai informasi, pelatihan ini diikuti oleh 40 peserta yang merupakan kader yang ada di Kelurahan Margasari.

Beberapa kegiatan lain yang telah dilaksanakan sebelumnya, yaitu edukasi pembuatan kompos dari sampah organik, pemanfaatan pekarangan rumah dengan teknik tanaman hidroponik dan pembuatan pupuk cair dari limbah rumah tangga serta pengolahan minyak jelantah menjadi lilin.

Program ini merupakan rangkaian kegiatan yang sudah berjalan dari bulan April dan diakhiri dengan pemberian apresiasi. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved