Breaking News:

Berita Pemprov Kalimantan Timur

Dukungan Luar Negeri, Peluang Besar bagi Kaltim

Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Ya'qub mengapresiasi kebijakan Gubernur Isran Noor dalam usaha melakukan antisipasi perubahan iklim, terutama

Editor: Diah Anggraeni
Humasprov Kaltim
Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Rusman Ya'qub. 

TRIBUNKALTIM.CO - Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Ya'qub mengapresiasi kebijakan Gubernur Isran Noor dalam usaha melakukan antisipasi perubahan iklim, terutama terhadap penurunan emisi namun tidak mengurangi upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Usai me,ngikuti talk show Gubernur Isran Noor dan Bupati Berau Sri Juniarsih di Paviliun Indonesia pada COP26 UNFCCC, Glasgow, Jumat (12/11/2021), Rusman Ya'qub menilai kebijakan Gubernur Isran dan Bupati Sri Juniarsih untuk tetap memperjuangkan kesejahteraan rakyatnya di tengah usaha perbaikan lingkungan harus didukung.

"Kebijakan kedua kepala daerah, kita apresiasi. Karena perubahan iklim merupakan isu internasional yang dapat berdampak kepada usaha pembangunan daerah, terutama dalam menyejahterakan rakyat,” kata Rusman Ya'qub, Sabtu (13/11/2021).

Baca juga: Anjungan Kaltim di TMII Jadi yang Pertama Berbasis Digital, Terobosan Kantor Penghubung Kaltim

Ia menandaskan, pembangunan wawasan lingkungan harus dilakukan namun tidak mengabaikan kepentingan rakyat.

Tak heran, Rusman mendukung Gubernur Isran dalam usaha mendapatkan sumber pembiayaan dari luar negeri, terutama dari negara-negara yang berkomitmen tinggi dengan perubahan iklim.

"Kaltim merupakan bagian dari NKRI yang sedang membutuhkan biaya atau anggaran besar untuk pembangunannya, di sisi lain dana yang diterima terbatas ditambah adanya kewajiban untuk ramah lingkungan. Sementara SDA Kaltim menjanjikan," beber politikus PPP ini.

Terkait adanya beberapa negara, seperti Norwegia dan Inggris yang bersedia membantu Kaltim memberikan dana pembangunan dampak dari usaha Kaltim melakukan pengurangan emisi yang tergolong besar, Rusman menilai sebagai peluang besar.

"Di Kaltim masih banyak memerlukan dana pembangunan. Adanya dukungan sejumlah negara tentu peluang besar, sehingga bisa membantu Pemprov Kaltim dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat," ungkapnya.

Baca juga: Dukungan Sejumlah Negara Masih Terkendala Aturan Pusat

Rusman Ya'qub menjadi salah satu delegasi Kaltim di COP26 UNFCCC.

Selama kegiatan Gubernur Isran, ia aktif terlibat dalam pertemuan yang digelar baik di Kedubes RI di Inggris, termasuk dengan delegasi Norwegia dan Inggris serta Wamen LHK RI Aloe Dohong. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved