Breaking News:

Sejarah Hari Ini

Besok Muhammadiyah Berusia 109 Tahun, Ini Sejarah dan Daftar Ketua Umum dari Masa ke Masa

Besok, Kamis (18/11/2021), organisasi Muhammadiyah memasuki usia 109 tahun. Simak sejarah dan daftar Ketua Umum PP Muhammadiyah dari masa ke masa.

kemdikbud.go.id
Pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan. Besok, Kamis (18/11/2021), organisasi Muhammadiyah memasuki usia 109 tahun, simak sejarah dan daftar Ketua Umum PP Muhammadiyah dari masa ke masa. 

TRIBUNKALTIM.CO - Besok, Kamis (18/11/2021), organisasi Muhammadiyah memasuki usia 109 tahun. Simak sejarah dan daftar Ketua Umum PP Muhammadiyah dari masa ke masa.

Tanggal 18 November merupakan momentum bersejarah bagi bangsa Indonesia, di mana organisasi Islam yang bernama Muhammadiyah didirikan.

Organisasi Muhammadiyah resmi berdiri tepatnya pada 18 November 1912 di Kampung Kauman Yogyakarta berkat peran penting KH Ahmad Dahlan.

Lantas, apa yang mendasari KH Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadiyah?

Mengutip laman resmi Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan merupakan pegawai Kesultanan Kraton Yogyakarta sebagai seorang khatib dan sebagai pedagang.

Baca juga: SEJARAH 18 November Berdirinya Organisasi Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan Resah Melihat Hal Ini

Adapun organisasi Muhammadiyah didirikan setelah KH Ahmad Dahlan menunaikan ibadah haji dari Tanah Suci.

Ia memperoleh gagasan pembaruan yang didapat dari ulama-ulama Indonesia yang tinggal di Mekkah.

Saat itu, KH Ahmad Dahlan melihat keadaan ummat Islam yang dalam keadaan jumud, beku, dan penuh dengan amalan-amalan yang bersifat mistik.

Sehingga, beliau tergerak hatinya untuk mengajak mereka kembali kepada ajaran Islam yang sebenarnya berdasarkan Al-Qur'an dan Hadist.

Selain itu, KH Ahmad Dahlan banyak membaca pemikiran-pemikiran para pembaru Islam seperti Ibn Taimiyah, Muhammad bin Abdil Wahhab, Jamaluddin Al-Afghani, Muhammad Abduh, dan Rasyid Ridha.

Baca juga: 23 Februari 1923, Pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan Meninggal Dunia, Rekam Jejak Muhammad Darwis

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved