Breaking News:

Dapat Pelayanan Terbaik usai Melahirkan, Peserta BPJS Kesehatan Ini Akui Banyak Manfaat Ikut JKN-KIS

Sri Wahyuni atau akrab disapa Yuni merupakan salah satu peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang berdomisili di Kota

Editor: Diah Anggraeni
HO/BPJS Kesehatan
Sri Wahyuni atau akrab disapa Yuni ini merupakan salah satu peserta JKN-KIS di Kota Balikpapan. Dirinya mengaku banyak manfaat yang didapat menjadi peserta program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan ini. 

TRIBUNKALTIM.CO - Sri Wahyuni atau akrab disapa Yuni merupakan salah satu peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang berdomisili di Kota Balikpapan.

Beberapa waktu yang lalu, dirinya mengaku sangat terbantu dengan adanya program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan tersebut.

Pasalnya, ada kejadian tak terduga yang dialami saat dirinya hamil besar.

Baca juga: Berikan Kemudahan Akses kepada Masyarakat, BPJS Kesehatan Gelar Sosialisasi Layanan Digital

Kontraksi terus-menerus yang dialami membuat Yuni melakukan proses persalinan sendiri dengan dibantu oleh suaminya.

"Waktu itu saya sudah tidak kuat lagi dan segera mau ke rumah sakit. Tapi waktu turun dari atas, sudah tidak kuat lagi dan akhirnya melakukan proses persalinan di rumah dibantu oleh suami saya. Saya dan suami juga waktu itu panik, harus gimana baiknya. Akhirnya setelah semua sudah tenang, kami memutuskan untuk ke rumah sakit untuk dilakukan proses lebih lanjut. Alhamdulillah, semuanya berjalan dengan baik, saya dan anak saya ditangani dengan baik oleh dokter. Saya dirawat dan anak saya sempat dirawat sampai lima hari karena perlu dicek kesehatannya lebih lanjut," ujar Yuni.

Selama proses perawatannya tersebut, lanjut Yuni, dirinya sama sekali tidak mengeluarkan biaya.

Hal ini tentu karena manfaat yang didapat sebagai peserta JKN-KIS, yakni bebas biaya pelayanan kesehatan.

"Selama saya dan anak saya mendapatkan pelayanan itu, semua biaya dijamin oleh BPJS Kesehatan. Artinya tidak ada lagi biaya yang saya keluarkan. Apalagi untuk kartu anak saya sudah diuruskan langsung oleh pihak rumah sakit, jadi saya tidak perlu lagi urus ke kantor BPJS Kesehatan," lanjut Yuni.

Baca juga: UHC Plus Pemkot Balikpapan Permudah Layanan Peserta JKN-KIS, Dirut BPJS Kesehatan Beri Apresiasi

Yuni juga menceritakan bagaimana dirinya akhirnya menyadari pentingnya program JKN-KIS ini.

Ia mengaku bahwa dirinya dan sang suami baru beberapa waktu belakangan ini mendaftar sebagai peserta JKN-KIS.

Alasan yang utama yang membuat dirinya mendaftar sebagai peserta JKN-KIS adalah tidak perlu lagi mengkhawatirkan mengenai biaya yang mahal ketika berobat.

"Kita tahu BPJS Kesehatan itu penting dan sangat membantu buat kami sekeluarga. Maka dari itu saya dan suami memutuskan untuk daftar. Proses pendaftarannya juga mudah, kemarin saya daftar melalui aplikasi Mobile JKN. Prosesnya tidak lama, saya masukin data-data terus keluar nomor pembayarannya dengan tanggal bayarnya. Jadi saya rasa daftarnya mudah dan manfaatnya banyak seperti yang saya rasakan kemarin” ucap Yuni.

Baca juga: Karena Pindah Alamat Rumah, Ini Cara Mudah Merubah Faskes BPJS Kesehatan Pakai Aplikasi Mobile JKN

Oleh karena itu, ia pun mengajak kepada warga yang lain untuk segera menjadi peserta JKN-KIS.

Banyak manfaat yang akan didapat ketika menjadi peserta JKN-KIS. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved