Breaking News:

Berita Nunukan Terkini

Hari Ke-3 Operasi Zebra Kayan 2021 di Nunukan, Petugas Masih Dapati Pengendara Bawa STNK Kedaluwarsa

Hari ketiga Operasi Zebra Kayan 2021, petugas masih temukan pengendara motor dan mobil kantongi STNK mati, di Alun-alun Nunukan, Rabu (17/11/2021)

TRIBUNKALTIM.CO/FEBRIANUS FELIS.
Petugas tahan pengendara yang tidak memakai masker di jalan termasuk kelengkapan kendaraan dan STNK yang sudah mati, Rabu (17/11/2021), pagi. TRIBUNKALTIM.CO/FEBRIANUS FELIS. 

TRIBUNKALTIM.CO, NUNUKAN - Hari ketiga Operasi Zebra Kayan 2021, petugas masih temukan pengendara motor dan mobil kantongi STNK mati, di Alun-alun Nunukan, Rabu (17/11/2021).

Kasat Lantas Polres Nunukan, AKP Aroefiek Aprilian Riswanto, mengatakan pelaksanaan Operasi Zebra Kayan kali ini berbeda dengan sebelum pandemi Covid-19.

Tahun ini kata Aroefiek, selain berikan edukasi kepada masyarakat untuk taat berlalu lintas, pihaknya juga menekankan masyarakat agar mentaati protokol kesehatan Covid-19.

Termasuk membantu pemerintah daerah dalam percepatan vaksinasi Covid-19.

"Dalam waktu dekat kita akan lakukan razia vaksin Covid-19. Artinya pengendara yang belum divaksin kita arahkan untuk vaksinasi. Nanti kita siapkan vaksinatornya di pos dari Urkes Polres," kata Aroefiek kepada TribunKaltara.com, pukul 11.30 Wita.

Baca juga: Kapolres Bulungan Sebut Operasi Zebra Kayan Prakondisi Jelang Natal dan Tahun Baru

Baca juga: Operasi Zebra Kayan Bulungan 2021, Kapolres AKBP Ronaldo Maradona: Patuhi Prokes

Baca juga: Mulai Senin 15 November, Sat Lantas Polres Nunukan Operasi Zebra Kayan, Belum Vaksin Ikut Diperiksa

"Kita kolaborasikan dengan Operasi Zebra Kayan, mumpung vaksin masih berlimpah, ya kita manfaatkan itu untuk melindungi tubuh dari virus Corona," tambahnya.

Menurutnya, untuk operasi pagi tadi pihaknya libatkan UPTD Samsat, khusunya layanan bayar pajak terhadap pengendara yang STNKnya mati.

"Kita laksanakan seperti ini selain sebagai ajang sosialisasi kepada masyarakat bahwa tanggal 31 November ada program pengurangan pajak. Untuk denda memang sudah tidak ada. Kasian masyarakat pasti ketinggalan informasi kalau tidak ada sosialisasi," ucapnya.

Dia mengaku, mengenai penilangan tidak dilakukan kecuali terhadap pengendara motor di bawah umur. Hal itu dilakukan sebagai bentuk efek jera bagi anak termasuk orang tua, sehingga membantu petugas menekan angka kecelakaan di jalan raya.

"Begitu ada pengendara lewat dengan plat motor sudah mati, kita akan hentikan untuk langsung bayar pajak di mobil layanan Samsat. Kalau pajak tahunan boleh langsung bayar di tempat, tapi kalau pajak 5 tahunan langsung di kantor Samsat," ujarnya.

Baca juga: Operasi Zebra Kayan Dimulai, Anak di Bawah Umur Berkendara akan Ditilang, Orangtuanya Dipanggil

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved