Breaking News:

Berita Yamaha

Lihai Riding Motor Sport Fairing di Sirkuit, Simak Tips dari Pembalap Yamaha Racing Indonesia

Menggeber motor sport fairing di sirkuit merupakan hobi utama yang dilakoni para penggemarnya.

Editor: Diah Anggraeni
HO/Yamaha
Agar bisa riding maksimal di trek sirkuit, simak tips riding motor sport fairing di sirkuit dari pembalap Yamaha Racing Indonesia, M Faerozi. 

TRIBUNKALTIM.CO - Menggeber motor sport fairing di sirkuit merupakan hobi utama yang dilakoni para penggemarnya.

Untuk memenuhi kebutuhan itu diperlukan persiapan yang berkaitan dengan motor, safety gear, serta menguasai teknik berkendara yang tepat karena berkendara di sirkuit berbeda dengan di jalanan.

Yamaha R15 merupakan salah satu motor sport fairing favorit para biker untuk dijajal di sirkuit karena beragam keunggulannya turut mendukung untuk mendapatkan pengalaman berkendara berbeda.

Baca juga: Motor Sport Yamaha Konsisten Raih Penghargaan Terbaik

Selain itu, line up R Series itu juga banyak digunakan untuk berkompetisi balapan di sirkuit seperti di Yamaha Sunday Race dan Yamaha Endurance Festival.

Agar bisa riding maksimal di trek sirkuit, tips dari pembalap tentunya menjadi acuan yang dapat diikuti.

Untuk itu, pembalap Yamaha Racing Indonesia (YRI) M Faerozi membagikan poin-poin tips riding menggunakan motor sport fairing di lintasan balap.

"Memacu motor sport fairing di sirkuit memberikan sensasi tersendiri. Untuk dapat berkendara di lintasan sirkuit dengan maksimal, diperlukan pemahaman dan cara berkendara yang sesuai karena berbeda dengan cara berkendara di jalan raya. Hal-hal yang perlu diperhatikan pengendara di antaranya adalah persiapan fisik, safety gear, dan teknik berkendara yang benar. Serta aspek penting lainnya adalah mengenal karakter dan keunggulan motor agar dapat dimanfaatkan dengan baik di sirkuit. Seperti R15 yang memiliki banyak keunggulan fitur dan teknologi baik itu Asisst & Slipper Clutch, suspensi Up Side Down dan VVA (Variable Valve Actuation) yang dapat digunakan untuk memaksimalkan kenyamanan berkendara maupun merasakan performa terbaik motor di lintasan sirkuit," ungkap M Faerozi, pembalap berusia 18 tahun asal Lumajang Jawa Timur yang berpengalaman berkompetisi di Asia Road Racing Championship (ARRC).

Baca juga: Raih 10 Award, Yamaha Semakin Pertegas Dominasinya di Ajang Penghargaan Bergengsi

Berikut tips riding motor sport fairing di sirkuit dari M Faerozi:

1.Persiapan Fisik

Kondisi fisik harus optimal karena berkendara dalam kecepatan tinggi di sirkuit dengan konsentrasi penuh dapat menguras tenaga.

Istirahat yang cukup sebelum berkendara agar tidak mengantuk atau lelah sehingga menjaga konsentrasi saat riding.

Selain itu, lakukan pemanasan sebelum balapan untuk melenturkan badan.

2.Safety Gear

Gunakan kelengkapan safety gear yang nyaman dan dapat memberikan perlindungan maksimal yang mengikuti standar balap mulai dari helm full face yang ukurannya pas di kepala untuk kenyamanan dan safety.

Jika longgar bisa mengganggu ketika balapan karena hantaman angin bisa membuat helm goyang atau posisinya bisa berubah, sedangkan helm yang sempit memberikan tekanan berlebih di kepala yang menyebabkan pusing.

Untuk sarung tangan gunakan yang menutupi semua bagian tangan dan jari agar bagian tubuh itu terlindungi serta mendukung kenyamanan saat handling dan pengereman.

Begitu pula wearpack dan sepatu yang digunakan khusus untuk balapan dan sesuai size pembalap untuk kenyamanan dan safety.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved