Breaking News:

Berita Nasional Terkini

Pertama di Indonesia, akan Ada Jembatan Kaca Menggantung pada Jurang Kedalaman 80 Meter

Rencananya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan membuat jembatan pendukung destinasi wisata berbasis alam

Editor: Budi Susilo
HO/PUPR
Desain perencanaan panjang jembatan gantung kaca yang akan dibangun yakni 150 meter dan membentang di atas jurang dengan kedalaman 80 meter. Jembatan ini akan digarap di Kawasan wisata Bromo-Tengger-Semeru. 

TRIBUNKALTIM.CO - Rencananya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan membuat jembatan pendukung destinasi wisata berbasis alam. 

Konsep jembatan itu bernama jembatan gantung yang terbuat dari kaca, dilakukan di daerah pariwisata Bromo Tengger Semeru. 

Kawasan wisata Bromo-Tengger-Semeru telah ditetapkan sebagai salah satu KSPN Prioritas atau 10 “Bali Baru” yang dikembangkan Pemerintah berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 56 Tahun 2018.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan infrastruktur pada setiap KSPN direncanakan secara terpadu baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk melalui sebuah rencana induk pembangunan infrastruktur.

Baca juga: Area Mangrove Desa Bebatu Tana Tidung Direncanakan jadi Wisata Alam

Baca juga: Ini 13 Aturan Kunjungan Wisatawan Saat ke Taman Nasional Bromo, Diantaranya Dilarang ke Kawah Bromo

Baca juga: Berikut Syarat Terbaru Saat Mengunjungi Gunung Bromo, Perhatikan Kuota Kunjungan di Area Wisata

“Untuk pariwisata, pertama yang harus diperbaiki infrastrukturnya, kemudian amenities dan event, baru promosi besar-besaran. Kalau hal itu tidak siap, wisatawan datang sekali dan tidak akan kembali lagi. Itu yang harus kita jaga betul."

Prinsipnya adalah merubah wajah kawasan dilakukan dengan cepat, terpadu, dan memberikan dampak bagi ekonomi lokal dan nasional,” kata Menteri Basuki, dikutip dari leman Bina Marga PU

Jadi yang Pertama di Indonesia

Jembatan kaca yang akan dibangun ini berada di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur.

Jika sudah jadi, jembatan ini akan menjadi jembatan gantung kaca yang pertama ada di Indonesia.

Panjang jembatan gantung kaca yang akan dibangun yakni 150 meter dan membentang di atas jurang dengan kedalaman 80 meter.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved