Breaking News:

Buah Sawo

CARA Menanam dan Menyimpan Buah Sawo yang Kaya Manfaat

Berasal dari Meksiko selatan, Amerika Tengah, dan Karibia, Manilkara zapota, atau sawo, adalah buah tropis yang tumbuh dari jenis pohon cemara besar.

timesofindia.indiatimes.com
Cara menanam dan menyimpan buah sawo agar awet 

TRIBUNKALTIM.CO - Berasal dari Meksiko selatan, Amerika Tengah, dan Karibia, Manilkara zapota, atau sawo, adalah buah tropis yang relatif umum yang tumbuh dari jenis pohon cemara yang besar dan berbunga.

Dibawa ke Asia Tenggara oleh penjelajah berabad-abad yang lalu, buah sawo ini sama populernya di Asia sampai Amerika Latin.

Pada akhirnya buah sawo itu sampai ke Indonesia.

Bagian dari keluarga Sapotaceae dan biasa disebut sawo di Indonesia.

Buah sawo adalah kerabat dari mamey sapote.

Baca juga: Populer di Asia Tenggara, Simak Manfaat Buah Sawo Manila Baik untuk Kesehatan Tubuh

Buah sawo dikenal dengan banyak nama di seluruh dunia termasuk buah chiku, chico, chiku atau chikoo, dilly, lamud, lomut, naseberry, nispero, sapota atau sapoti, zapote, dan zapotillo.

Meskipun dapat dikeringkan untuk camilan atau digunakan dalam selai, sirup, muffin, pai, serbat, atau makanan penutup lainnya, sawo sangat cocok untuk dicampur dengan jus, sirup, smoothie, dan salad buah.

Buah sawo paling sering dimakan segar, pada suhu ruang, atau didinginkan sebentar (yang diyakini beberapa orang meningkatkan rasa).

Pohon sawo juga ditanam untuk tujuan hiasan dan lansekap.

Kulit pohon sawo menghasilkan getah yang disebut chicle, yakni yang digunakan selama bertahun-tahun sebagai bahan utama permen karet.

Baca juga: CUKUP Makan Buah Sawo untuk Melawan Kanker

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved