Breaking News:

Berita Kukar Terkini

Rayakan HUT ke-30 Perumda Tirta Mahakam, Bupati Kukar Targetkan 2024 Semua Desa Terlayani Air Bersih

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menargetkan tahun 2024 seluruh desa dan kelurahan di Kukar akan terlayani air bersih, baik melalui prog

Penulis: Aris Joni | Editor: Rahmad Taufiq
HO/HUMAS PEMKAB KUKAR
Bupati Kukar Edi Damansyah menyematkan pin kepada perwakilan cabang di acara HUT ke-30 Perumda Tirta Mahakam. HO/HUMAS PEMKAB KUKAR 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menargetkan tahun 2024 seluruh desa dan kelurahan di Kukar akan terlayani air bersih, baik melalui program Perumda Tirta Mahakam maupun melalui program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Hal itu Edi tegaskan dalam sambutannya saat menjadi inspektur upacara peringatan HUT ke-30 Perumda Tirta Mahakam tahun 2021 di kantor Perumda, Tenggarong, Selasa (30/11/2021).

"Target kita paling lambat 2024 nanti sudah tidak ada lagi desa yang tidak merasakan air bersih," ucap dia.

Oleh karena itu kata Edi, dalam visi dan misi Kukar Idaman periode 2021-2026, pemenuhan air bersih sudah menjadi prioritas dan telah dimasukkan melalui program air bersih desa.

"Jadi HUT ke-30 tahun ini jadikan momentum untuk perbaikan dan perubahan," katanya.

Baca juga: Pemkab Kutai Kartanegara Umumkan Nama Calon Dewas PDAM Tirta Mahakam dan Dirut Perusda

Baca juga: Dirut PDAM Tirta Mahakam Sebut Peran Dunia Usaha Bantu Percepatan Air Bersih di Kukar Sangat Penting

Ia menjelaskan, dirinya telah berkeliling menyusuri 18 kecamatan, 193 desa dan 44 kelurahan di Kukar.

Dari kunjungannya ke desa-desa tersebut dirinya telah mencatat beberapa kondisi desa yang memang memerlukan pendekatan dan rancangan secara khusus dalam memberikan pelayanan air bersih.

"Seperti di Kecamatan Anggana itu ada tiga desa yang berada di pulau-pulau kecil dan itu tidak akan pernah selesai penyediaan air bersihnya, jika tidak ada inovasi yang dilakukan.

Kemarin sudah kita rencanakan akan membangun intake penampungan di Kutai Lama, di Desa Muara Pantuan, Tani Baru, Tanjung Berukang dan dusun-dusun di sekitarnya serta kita bangun jaringan di sana. Jadi nanti ada kapal yang mengangkut," paparnya.

Tak hanya itu, dirinya juga sudah melakukan roadshow ke SKK Migas dan Pertamina, dari roadshow itu dirinya mendapat informasi bahwa kebutuhan air bersih di area operasional perusahaan di pulau-pulau kecil tersebut sangat besar.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved