Breaking News:

Opini

Belajar Menembus Batas, Penggunaan LMS Schoology di Masa Pandemi Covid-19

dalam proses pembelajaran khususnya mata pelajaran Akuntansi maka perlu digunakan e-Learning,

Tangkapan Layar/YouTube Tribun Kaltim Official
Tayangan Twit di channel Youtube Tribun Kaltim Official 27 November 2021 

Oleh : Heri Bambang Santoso,S.Pd
Guru Akuntansi SMK Negeri 2 Balikpapan

Indonesia bahkan seluruh dunia saat ini sedang menghadapi pandemi yang disebabkan oleh penyebaran Corona Virus Disease atau yang biasa disebut Covid 19.

Merespon pandemi global Covid 19 ini, menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan surat edaran No. 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran covid 19.

Salah satu isinya adalah kebijakan untuk melaksanakan proses belajar dari rumah (BDR).

Proses belajar dari rumah dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan, dan proses belajar dari rumah dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup.

Menindaklanjuti surat edaran tersebut maka sekolah-sekolah di Indonesia kemudian melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara online, salah satunya adalah SMK Negeri 2 Balikpapan.

Maka untuk mendukung kegiatan belajar via zoom yang menjadi pengganti kegiatan tatap muka dan tetap melibatkan siswa dalam proses pembelajaran khususnya mata pelajaran Akuntansi maka perlu digunakan e-Learning.

Baca juga: Kiat-kiat Membina dan Mencetak Prestasi Siswa di Masa Pandemi Covid-19

E-learning adalah sebuah proses pembelajaran yang berbasis elektronik dan merupakan system yang dikembangkan dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran dengan berupaya menembus keterbatasan ruang dan waktu. 

Sistem e-learning merupakan suatu bentuk implementasi teknologi yang ditujukan untuk membantu proses pembelajaran yang dikemas dalam bentuk elektronik/ digital dan pelaksanaannya membutuhkan sarana komputer berbasis web dalam situs internet.

Learning Management System (LMS) secara umum adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membuat, mendistribusikan, dan mengatur penyampaian materi pembelajaran.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved